Search

Penyebab Dan Cara Mengobati Asam Lambung Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Hal semacam ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri dalam ulu hati atau kelebihan terbakar di dada. Kerongkongan yaitu bagian untuk saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyebab Asam Lambung

Penyakit asam lambung pada biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya LES. LES yaitu lower esophageal sphincter (LES) merupakan lingkaran otot di bagian bawah yang esofagus.

LES berperan sebagai pintu otomatis yang terbuka saat makanan/minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah terjadinya asam serta makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Bila tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan best? ndsdel kelebihan berat badan, situasi hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala asam lambung yang dirasa yaitu sensasi dulk? terbakar dibagian daddy atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasakan tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut dan kerongkongan akan merasa tidak enak. Kita juga tetao mengalami rasa sakit lalu kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius diperlukan bila gejala asam lambung diatas terlihat secara terus-menerus.

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

1. Lidah buaya

Minum juice lidah buaya setelah bangun tidur dapat mengobati sakit maag yang Anda derifa. Lidah tua ini dapat untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung. Selain bisa mengobati maag. jus lidah buaya dapat juga melancarakan buang air besar.

2. Pisang

Pisang bisa jadi antasida. Antasida yaitu suatu zat yang bisa meredam produksi zat HCI yangberlebihan. Oleh lantaran itu pisang bisa bermanfaat mengobati sakit maag yang Anda derita. Namun bila Anda telah mengkonsumsi pisang akan tetapi mendapatkan hasil yang ekstra parah. jadi hentikanlah cara ini dan cobalah dengan alternatifynag lain.

3. Kuyit

Kunyit juga dipercaya dapat mengatasi penyakit asam lambung.

Caranya :

  • Siapkan kunyit lalu di cincang lalu rebus dengan 1, 5 gelas air.
  • Masaklah sekitar 15 menitan lalu airnya disaring.
  • Agar enak silakan tambahkan madu atau ansia merah/gula aren.

Cara lain :

Tumbuk kunyit sampai halus, Lalu jemur sampai kering, Kemudian bisa di sedu dan di minum airnya.

4. Jahe

Jahe dipercaya bisa menetralkan asam lambung apabila dikonsumsi tidak melebihi dari 2-4 gram. Bila dikonsumsi dengan dosis yang lebih besar maka maag yang Anda derita justru akan semakin buruk.

Nah, itulah penyebab dan cara mengobati asam lambung yang perlu anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna.

Baca juga : Gejala dan cara mengobati penyakit polip hidung secara alami

Written by 

Related posts