Search

9 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal

Alikanews.com – Didalam tubuh manusia ada beragam jenis organ yang bekerja setiap hari sesuai dengan fungsinya salah nya ialah ginjal. Terkadang tanpa di sadari kita merusak fungsi organ kita sendiri baik di sengaja ataupun tidak di sengaja. Sebagaimana bebrapa kebiasaan dibawan ini. Rutinitas ini mungkin setiap hari kita lakukan dan pada akhirnya setelah jangka panjang kita baru merasakan dampak buruknya.

Nah, berikut 9 kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi ginjal :

1. Selalu Kurang Minum Air Putih

Fungsi utama ginjal yakni untuk menyaring darah dan menyingkirkan racun serta limbah bekas metabolisme tubuh. Bila kurang minum air dalam jumlah cukup, jadi racun limbah bisa menumpuk dan bisa mengakibatkan rusaknya kronis ginjal.

2. Berlebihan Konsumsi Alkohol

Kalau hanya sekali mungkin keadaan ini akan baik-baik saja tetapi bila menjadi kebutuhan maka akan banyak desakan pada ginjal dan liver.

3. Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Mengkonsumsi dua atau ekstra minuman gula yang manis setiap hari, lebih mungkin juga untuk memperoleh protein pada urin. Protein yang ada dalam urin, ialah tandanya awal jika ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan baik.

4. Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Pada dasarnya tubuh memerlukan natrium dari garam untuk menggerakkan fungsinya dengan benar. Namun dalam mengkonsumsi garam tidak di sarankan secara berlebihan lantaran bisa memberi tekanan darah, yang pada akhirnya bisa membebani ginjal. Mengkonsumsi garam yang sehat, dengan cara praktisnya yang baugs yakni tidak lebih dari 5 gr setiap hari.

5. Sering Menahan Buang Air Kecil

Menahan keluarnya urin akan tingkatkan desakan pada ginjal juga membebaninya. Jika hal semacam ini seringkali dilakukan, Bukanlah mustahil hal sperti ini akan menyebabkan gagal ginjal, menyebabkan batu ginjal, dan inkontinensia. Sebaiknya jika perintah tubuh untuk buang air kecil segera lakukan janganlah menahanya.

6. Terlalu Banyak Begadang

Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup guna untuk membantu organ dalam lakukan tugasnya masing-masing. Terlalu banyak begadang dapat juga menyebabkan berbagai jenis penyakit salah satunya penyakit ginjal. Saat malam hari tubuh lakukan perbaikan pada jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal. Karenanya istirahat malam begitu di perlukan untuk organ supaya tidak gagal funsi.

7. Hoby Minum Kopi Yang Berlebihan

Cafein dapat tingkatkan tekanan darah yang selanjutnya akan meletakkan desakan penambahan di ginjal. Seiring berjalannya waktu, konsumsi kopi terlalu berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya ginjal.

8. Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral begitu di perlukan untuk tubuh agar bisa membantu organ ginjal dalam melakukan tugasnya. Banyak kekurangan vitamin dan mineral bisa meningkatkan resiko batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.

9. Mengkonsumsi Protein Hewani Berlebihan

Mengkonsumsi protein, terlebih dari daging merah bisa menigkatkan beban metabolisme pada ginjal. Jadi, jika semakin banyak yang di konsumsi protein maka ginjal akan bekerja lebih keras. Jika setiap hari kita konsumsi protein yang berlebihan terus-menerus maka bisa mengakibatkan rusaknya ginjal.

Itulah 9 kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi ginjal. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan berguna ya.

Written by 

Related posts