Search

Pembangunan Pelabuhan Patimban akan di Finalisasi Pemerintah

Alikanews.com – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengatakan bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan datang ke Indonesia dalam minggu ini. Menjelang kedatangan PM Jepang tersebut, Menko Luhut menyampaikan beberapa proyek kerja sama infrastruktur bakal dibicarakan oleh kedua kepala negara.

“Terutama finalisasi pembangunan Pelabuhan Patimban,” kata Luhut di Jakarta, Senin (9/1/2017).

“Kami akan finalisasi semua, besok soal Patimban, soal finalisasi perusahaan Jepang mana yang masuk,” ujarnya.

Kereta cepat Jakarta-Surabaya juga diagendakan untuk dibicarakan pada pertemuan yang direncanakan digelar di Bogor tersebut.

“Ada (Kereta) Jakarta-Surabaya, pending item ada beberapa, seperti tanda tangan Menteri Perhubungan dan JICA (Japan International Cooperation Agency), “katanya sambil berharap proyek tersebut dapat direalisasikan, termasuk juga proyek Masela.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang telah sepakat melanjutkan kerjasama dalam beberapa proyek infrastruktur transportasi. Beberapa proyek tersebut antara lain adalah pembangunan Pelabuhan Patimban, pembangunan kereta api Jakarta – Surabaya, serta elektrifikasi dan proyek double double track. Kesepakatan tersebut didapatkan dalam pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Keiichi Ishii di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Pemerintah lagi merencanakan pembangunan pelabuhan Patimban, Jawa Barat yang pembangunannya akan menggunakan pinjaman lunak dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan dapat terintegrasi dengan Pelabuhan Utama Tanjung Priok dalam rangka meningkatkan efisiensi distribusi logistik di Indonesia.

Sementara itu, untuk proyek Kereta Api Semi Cepat Jakarta- Surabaya, Menhub Budi menyatakan bahwa Indonesia akan bekerja sama dengan Jepang. Pihak Jepang telah menawarkan beberapa bentuk bantuan misalnya dalam hal feasibility study.

 

Sumber : suara.com

Written by 

Related posts