Search

Arab Saudi Temukan Sumur Berusia 160 Tahun

Alikanews.com – Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi (SCTH) menginformasikan penemuan benda bersejarah yang sudah berusia 160 tahun di masjid Memar yang ada di Jeddah. Masjid Memar adalah masjid tertua di Jeddah.

Tim komisi khusus restorasi dan rehabilitasi yang melakukan penggalian arkeologi menemukan sebuah sumur yang memasok air ke masjid. Tim juga temukan saluran air yang menghubungkan mata air dengan masjid.

Direktur SCTH wilayah Makkah, Mohammad Al-Omary langsung berkunjung ke tempat penemuan. Awalnya tim menduga kalau sumur merupakan bagian dari yayasan masjid.

“Sumur ini terletak lima meter dari sisi timur Masjid Memar. Tim menyusuri tanah dari sumur dan mencapai air, ” kata Mohammad Al-Omary sebagaimana dikutip Arabnews. com (10/1).

Al-Omary menerangkan, sumur mempunyai diameter 1, 6 meter dan kedalaman 3 meter dari permukaan air. Sumur dibangun dari batu potong, yang dikenal oleh masayarakat setempat sebagai Al-Manqabi. Jenis batu itu dipakai untuk membangun rumah di Jeddah pada masa lalu. Batu-batu ini berasal dari pantai laut dan sekitarnya.

Menurut Al-Omary, saat ini tim masih melakukan penggalian serta melakukan penelitian pada fasilitas lain yang terhubung ke Masjid Memar. Tim berharap bisa menemukan kembali benda-benda bersejarah di masjid itu.

Written by 

Related posts