Search

Obama Sampaikan Pidato Kepresidenannya di Chicago

Alikanews.com – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan pidato kepresidenannya di Chicago, Selasa atau Rabu WIB (11/1/2017).

Pidato itu juga menandai berakhirnya masa jabatan Obama yang segera akan diganti oleh Presiden terpilih Donald Trump.

Trump bakal dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari yang akan datang.

Perjalanan Obama ke kampung halamannya itu juga menjadi kesempatan terakhir baginya sebagai Presiden AS untuk menggunakan ” Air Force One “.

Ia memilih Chicago, sebab kota itu menjadi tempat bersejarah, dimana ia pertama kalinya menyampaikan pidato kemenangan dalam pemilihan presiden AS delapan tahun silam.

Dalam pidatonya, Obama terus berupaya membangkitkan semangat para pendukungnya yang merasa masih terguncang dengan kemenangan Donald Trump.

“Saya pertama kali menginjakkan kaki di Chicago saat saya berusia 20-an tahun, saat itu saya masih mereka-reka, siapa saya sesungguhnya,” ujar Obama sebagaimana dilansir AFP.

“Di kota ini juga saya mencari tujuan hidup saya,” ujar Obama.

“Disini, di kota ini saya belajar bahwa perubahan hanya akan berlangsung bila saat orang biasa ambil bagian, bersatu, serta datang bersama untuk memperjuangkannya,” seru Obama.

“Setelah delapan tahun menjadi Presiden anda, saya tetap meyakini itu,” sambungnya.

Ditemani Ibu Negara Michelle Obama, Wakil Presiden Joe Biden dan istrinya Jill, perjalanan Obama kali ini menjadi perjalanan nostalgia menyusuri jejak sejarah diakhir kariernya.

Written by 

Related posts