Search

8 Khasiat Daun Kecubung Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Tanaman kecubung di kenal sebagai tanaman yang efeknya negatif. Bunga dari tanaman yang sering disalahgunakan untuk menghilangkan kesadaran atau sebagai zat penenag dan daunnya berkhasiat untuk mengobati beragam jenis penyakit. Hal ini terutama karena tanaman ini memiliki kandungan metil kristalin yang punyai efek relaksasi pada otot lurik.

Tanaman kecubung memiliki kandungan senyawa kimia alkaloid. Senyawa alkaloid yang terdiri dari hiosiamin, atropin dan skopolamin yang antikholinergik. Kecubung juga mengandung kalsium oksalat, meteloidina, hiosin, zat lemak, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Berikut 8 khasiat daun kecubung bagi kesehatan :

1. Mengobati Bisul

Bisul adalah salah satu penyakit kulit yang dikarenakan oleh infeksi atau bakteri. Bila bisul melanda di bagian badan bisa menggunakan daun kecubung untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah hanya dengan menumbuk daun kecubung sampai halus lalu tempelkan ke bagian bisul.

2. Menyembuhkan Asma

Asma melanda bisa di atasi dengan daun kecubung. Caranya dengan mengiris halus daun kecubung dan lalu dihirup seperti saat meroko. Karena bau daun kecubung bisa membuat pernapasan jadi lebih lega.

3. Mengobati Arthritis (Rematik)

Daun kecubung bisa membuat saraf dan sendi menjadi normal kembali. Jika tengah mengalami arthritis bisa menggunakan daun kecubung sebagai obat. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun kecubung kemudan dicampur dengan bawang dan jahe. Setelah bahan tertumbuk halus bisa mengoleskan campuran ramuan di bagian yang sakit terserang rematik.

4. Menyembuhkan Sembelit

Susah bab atau sembelit bisa di atasi dengan menggunakan daun kecubung. Caranya yaitu mengambil daun kecubung lalu di oleskan dengan minyak kelapa dan lalu dipanggang. Setelah itu tempat daun kecubung ke perut bagian bawah.

5. Mengobati Encok

Encok sering melanda terutama pada orang yang sudah berusia 1/2 baya. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun kecubung dan lalu cuci sampai bersih dan meremas daun kecubung dalam air kapur. Setelah itu remasan daun tersebut di tempelkan di bagian yang sakit.

6. Mengatasi Sakit Pinggang

Daun kecubung dipercaya bisa mengobati sakit pinggang. caranya yaitu tumbuk halus daun kecubung kemudidan tempelkan pada pingga. Biarkan selama beberapa saat sehingga nutrisi dari daun kecubung bisa terserap dan pinggang akan merasa lebih nyaman.

7. Mengobati Bengkak

Memar, Bengkak karena jatuh atau karena dll bisa di atasi dengan daun kecubung. Caranya dengan memangang daun kecubung yang sudah diolesi minyak lalu menempel di bagian yang bengkak, diamkan selama beberapa saat dan kemudian rasakan khasiatnya.

8. Mengobati Eksim

Gatal pada kulit bisa disembuhkan dengan daun kecubung. Caranya cukup mudah dengan menumbuk daun kecubung sampai halus serta kemudidan diberi dengan minyak kelapa lalu di panggan sebentar. Setelah itu daun kecubung bisa dioleskan pada bagian yang terserang eksim.

Note :

Mesti hati-hati perlu di perhatikan, penggunaan kecubung bisa menyebabkan efek samping yang negatif. Keracunan bisa terjadi. Menurut Endah Lasmadiwati, herbalis dari Taman Sringanis Bogor, penggunaan daun kecubung hanya dengan ditempatkan pada dahi bisa membuat orang mabuk. Itu sebabnya, kita mesti sangat berhati-hati dalam penggunaan kecubung. Setidaknya, tanyakan dengan ahli tanaman obat atau dokter sebelum menggunakan ramuan kecubung.

Written by 

Related posts