Search

Ketahui Polip Hidung Dan Penyebabnya

AlikaNews.Com – Polip hidung yaitu perkembangan jaringan pada dinding saluran pernafasan hidung atau pada sinus. Polip yaitu jaringan yang lembut, tak merasa sakit serta tak berbentuk kanker. Polip mempunyai bentuk sebagaimana anggur yang bergantung pada batangnya.

Polip hidung mempunyai ukuran yang bermacam dengan warna yang sama. Polip dengan ukuran besar dapat menyumbat saluran hidung. Ini dapat mengakibatkan timbulnya tanda-tanda polip sebagaimana hidung terhalang, hidung berair, kesusahan bernapas, masalah pada indera penciuman serta indera perasa. Sementara polip memiliki ukuran kecil mungkin saja tak menyebabkan tanda-tanda apapun. Polip tak tingkatkan resiko penderitanya untuk mengalami kanker hidung.

Penyebabnya Polip Hidung
Sampai sekarang, penyebabnya basic tumbuhnya polip belum di ketahui. Polip hidung umumnya diisi cairan inflamasi. Perkembangan polip disinyalir yaitu hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan system kekebalan spesifik. Polip hidung yang besar dapat juga menyebabkan tumpukan lendir pada sinus hidung, hingga mengakibatkan infeksi.

Polip hidung dapat merubah siapapun, namun lebih condong berlangsung pada orang dewasa. Sebagian aspek yang dapat tingkatkan resiko mengalami polip hidung yaitu intoleransi pada aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis, sinusitis, serta fibrosis kistik.

Aspek genetika juga diprediksikan bertindak dalam perkembangan polip. Seseorang anak semakin lebih berisiko alami polip hidung bila orang tuanya mempunyai polip.

Langkah Mendiagnosis Polip Hidung
Dokter bakal lakukan kontrol fisik pada lubang hidung Anda, apakah ada polip hidung atau tak. Kontrol ini umumnya dikerjakan oleh dokter THT. Untuk meyakinkan diagnosis polip hidung dan letaknya, dapat dikerjakan prosedur endoskopi. Lainnya itu, prosedur CT-scan serta biopsi dapat digerakkan bila memanglah dibutuhkan.
Penyembuhan pada Polip Hidung
Kortikosteroid dapat dipakai sebagai obat untuk memperkecil ukuran polip hidung. Obat ini dapat diberikan berbentuk tablet, infus, atau semprot. Lainnya menggunakan obat-obatan untuk polip hidung, keadaan ini dapat dapat di hilangkan lewat cara operasi. Hal semacam ini dikerjakan bila polip tak bereaksi pada obat-obatan yang didapatkan. Polip hidung mempunyai kecenderungan untuk nampak kembali, walau sudah lewat penyembuhan ataupun operasi

Written by 

Related posts