Search

8 Penyebab Jantung Berdetak Kencang

AlikaNews.Com – Detak jantung pada orang normal berkisar pada 60 hingga 100 kali per menit. Para atlit atau olahragawan biasanya memiliki denyut jantung antara 30 sampai 40 kali per menit. Pada orang biasa, jantung berdetak rata-rata 80 kali per menit. Frekuensi denyut jantung dapat melonjak pada penderita palpitasi, dimana jumlah denyut naik selama sekian waktu. Mungkin hanya beberapa menit, tapi ada juga yang mengalami kondisi tersebut selama beberapa jam atau hari.

8 Penyebab Jantung Berdetak Sangat Cepat Ada dua kemungkinan yang menyebabkan jantung berdebar kencang, tidak seperti kondisi sehari-sehari. Jika anda mengalaminya, faktor penyebabnya adalah kondisi tertentu atau mungkin ada gangguan kesehatan yang mendasarinya. Nah, berikut ini beberapa penyebab palpitasi:

1. Stres Adrenalin dapat meningkat secara tiba-tiba, saat seseorang menderita stres maupun sakit. Akibat dari kondisi ini adalah jantung berdetak lebih kencang. Jadi, atasi stres dengan benar.

2. Tubuh terkontaminasi oleh zat-zat tertentu Penelitian oleh National Heart, Lung and Blood Institute menemukan bahwa nikotin, kafein, dan zat merugikan lainnya dapat memengaruhi kinerja jantung seseorang. Untuk berdetak, jantung memerlukan sinyal elektrik. Nah, zat-zat tertentu dapat mengganggu sinyal tersebut, sehingga jantung berdebar lebih cepat.

3. Obat-obatan kimia tertentu Palpitasi dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan kimia, seperti obat influenza yang mengandung pseudoefedrin. Begitu juga dengan obat asma yang mengandung albuterol. Demikian pula obat kimia yang mengandung amfetamin, dapat menjadi faktor penyebab jantung berdebar.

4. Penyakit tekanan darah tinggi Penderita hipertensi mengalami penyempitan dan penebalan dinding arteri, sehingga aliran darah lewat arteri menjadi tidak lancar atau sulit. Makin terhambat aliran darah melalui arteri, maka jantung pun berdetak makin kencang. Lebih lengkap dapat dibaca di sini: Daftar Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

5. Kolesterol tinggi Makanan yang banyak mengandung kolesterol dapat memicu detak jantung lebih cepat dari semestinya. Kurangi makanan yang berminyak seperti gorengan dan makanan yang tinggi kolesterol. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran akan lebih baik dan menyehatkan tubuh anda.

6. Penyakit jantung Seperti anda tahu, bahwa jantung merupakan organ penting yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh. Gangguan jantung mengakibatkan terganggunya sinyal elektrik dari tubuh yang mengontrol detak jantung. Penyakit jantung akan menyebabkan denyut organ penting ini menjadi cepat. Ketahui: 12 Tanda-tanda Penyakit Jantung

7. Kurang darah Salah satu pertanda seseorang menderita anemia adalah frekuensi detak jantung lebih cepat dari orang sehat. Atasi penyakit anemia dengan makanan yang mampu menambah darah, termasuk bayam, daun ketela, dan lainnya.

8. Tubuh tidak terhidrasi dengan baik Jantung berdetak lebih cepat juga dapat dipicu oleh kekurangan cairan dalam tubuh seseorang. Akibat dehidrasi salah satunya adalah keseimbangan elektrolit dalam tubuh menjadi terganggu. Efek yang paling terasa adalah jantung berdetak lebih cepat dari kondisi normal

Written by 

Related posts