Search

Menteri Jerman Diprotes Sajikan Makanan Vegetarian


Alikanews.com – Upaya Menteri Lingkungan Hidup Jerman, Barbara Hendricks, untuk menghidangkan makanan vegetarian dalam jamuan institusi, memperoleh perlawanan dari sejumlah politisi.

Sebagaimana dikutip The Guardian, Ahad 26 Februari 2017, Kementerian Lingkungan Hidup Jerman mulai akhir Januari melarang sajian daging, ikan dan olahan daging dalam jamuan pada seluruh aktivitas mereka.

Hendricks beralasan industri peternakan adalah satu diantara pemicu kerusakan alam dan perubahan iklim. “Kami memilih menu vegetarian yang lebih ramah lingkungan, karena kementerian ini mesti menjadi contoh bagi  perlindungan lingkungan,” ujar Hendricks kepada The Daily Telegraph.

Tetapi, langkah positif ini ternyata menuai pro-kontra bagi rakyat Jerman yang merupakan pemakan daging. Olahan daging seperti schnitzel dan bratwurst menjadi santapan sehari-hari bagi warga Jerman. Bahkan bagi rakyat Jerman, pilihan sosis menunjukkan asal seseorang dibanding aksennya.

Industri peternakan juga menjadi tulang punggung perekonomian. Tak ayal, kebijakan Hendrick, politikus partai sayap kiri tengah, Demokratik Sosial, juga menuai protes dari banyak pihak.

Satu diantaranya dari koleganya sendiri di kabinet Kanselir Angela Merkel. Christian Schmidt, menteri pangan yang berasal dari partai konservatif Uni Sosial Kristen (CSU) menyatakan tidak akan ada hari vegetarian. “Saya memilih variasi dan kebebasan bagi siapa pun dalam memilih menu makannya,” kata Schimdt.

Bahkan 12 dari 14 kementerian Jerman menyatakan tidak akan menghapus daging dan ikan dari menu kantin dan  jamuan mereka. Selain kementerian lingkungan hidup, cuma kementerian pembangunan yang mensupport langkah Hendricks.

Partai Hijau, yang selama ini mempromosikan makan vegetarian sekali sepekan di seluruh negeri, juga tidak terlalu mensupport kebijakan Hendrick. “Menurut saya lebih penting mengatur sektor produksi daripada konsumsi daging,” ujar Anton Hofreiter, mantan Wakil Ketua Partai Hijau Jerman.

Written by 

Related posts