Search

7 Cara Ampuh Mengatasi Pilek Secara Alami

Alikanews.com – Pilek adalah salah satu penyakit yang sangat umum dan sering dihadapi oleh banyak orang. Walaupun penyakit ini termasuk sebagai penyakit ringan, tetapi jangan salah bila anda terserang pilek maka aktifitas sehari-hari anda akan sangat terganggu. Pasalnya saat anda terkesan pilek maka tubuh anda akan terasa lemas, pusing dan susah makan. Pilek sendiri dikarenakan oleh virus, dan termasuk sebagai penyakit yang mudah menular karena penyebarannya melalui udara.

Gejala umum pada seseorang yang terserang pilek yakni bersin-bersin, demam, batuk, sakit kepala dan keluarnya cairan melalui hidung. Pilek sendiri bisa menular dari bersinnya orang yang terkena pilek dan terhirup oleh orang yang ada di sekitarnya. Mengingat penyakit ini dikarenakan oleh virus maka untuk pencegahannya sebaiknya untuk penderita disarankan menggunakan masker. Selain itu ada cara-cara alami yang bisa mengatasi pilek secara efisien, berikut ini informasinya 7 cara ampuh mengatasi pilek secara alami :

1. Berkumur menggunakan air bersih

Salah satu cara alami dan begitu efektif untuk mengatasi pilek atau flu yakni dengan berkumur menggunakan air bersih. Bila anda tengah terserang pilek saat ini, coba untuk sesering mungkin berkumur dengan menggunakan air bersih, berkumur berfungsi untuk membantu mengeluarkan lendir yang dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan.

2. Olahraga

Kebanyakan orang saat terserang flu atau pilek justru memilih untuk berada didalam rumah dan tidak melakukan aktifitas. Tetapi sebuah riset menunjukan kalau dengan kita beraktifitas dan olahraga maka akan mengurangi infeksi yang di sebabkan oleh virus penyebab pilek. Tetapi dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan saja, karena tubuh juga perlu istirahat yang cukup, olahraga seperti berjalan kaki atau jogging selama 15 sampai 20 menit begitu baik untuk dilakukan saat anda mengalami pilek.

3. Mengkonsumsi Teh Hangat

Minuman hangat seperti teh hangat memang tebukti begitu baik untuk dikonsumsi pada saat anda mengalami flu, lantaran saat anda menghirup uap panas dari teh hangat maka saluran pernapasan anda akan lebih lancar. Selain itu dengan minum teh hangat berguna juga untuk mengencerkan dahak pada tenggoran sehingga mudah untuk di keluarkan, dan tubuh juga akan jadi lebih hangat.

4. Berhenti Merokok

Bila anda yaitu seorang perokok dan tengah terserang pilek, mungkin sebaiknya supaya anda berhenti merokok dulu. Hal ini karena asap rokok beresiko sangat buruk pada penderita flu baik pada perokok aktif ataupun perokok pasif, hal ini karena kandungan nikotin akan mengganggu fungsi serat rambut kecil pada hidung.

5. Mencuci Tangan

Tangan adalah salah satu media yang bisa menularkan dan menyebarkan virus ataupun bakteri tidak terkecuali virus flu atau pilek, oleh karenanya ada baiknya jika anda sering membersihkan tangan sebelum makan, atau setelah keluar kamar mandi untuk mencegah virus dan bakteri tersebut terdapat di tangan anda dan menular pada orang lain di sekitar anda.

6. Makan Sup atau Kaldu Ayam

Makanan-makanan hangat dan berkuah adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi jika anda tengah mengalami pilek. Karena kuah hangat dari makanan seperti sup atau kaldu ayam akan memberikan sensai hangat pada tubuh, serta membantu mengencerkan dahak dan meringankan pilek. Terlebih lagi bila anda mencampurkan sup atau kaldu ayam tersebut dengan berbagai sayuran yang kaya akan vitamin.

7. Tidur Yang Cukup

Tidur adalah salah satu hal yang sangat diperlukan oleh setiap orang karena dengan tidur maka tubuh akan berisitrahat dan menjadi segar pada saat bangun nantinya. Oleh karenanya bila anda mengalami pilek, usahakan untuk tidur yang cukup minimalis 6-8 jam /hari.

Semoga bisa bermanfaat.

Written by 

Related posts