Search

6 Dampak Buruk Terlalu Lama Menonton Televisi Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Televisi atau yang umum di sebut Tv, memang jadi salah satu media elektronik yang sering kali di tonton oleh nyaris semua orang. Kebanyakan orang menonton tv untuk melepas lelah setelah seharian bekerja atau hanya sekedar mencari hiburan saja, tetapi seiring perkembangan zaman hampir setiap saat orang selalu menonton tv malahan ada yang sampai menonton dalam jangka waktu yang sangat lama yaitu sekitar 5 jam bahkan dapat lebih. Terlebih lagi bila ada acara yang bagus di tv, pastinya banyak orang rela untuk begadang semalaman hanya untuk menonton acara tersebut . Tetapi tahukah anda kalau terlalu lama menonton tv bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan? Yang paling umum yaitu gangguan pada penglihatan.

Hal ini di sebabkan karena tv memancarkan cahaya yang terang, terlebih laagi bila kita melihatnya dengan jarak yang terlalu dekat dan dalam jangka waktu yang lama. Sebuah riset di skotlandia menemukan kalau setidaknya setiap orang menghabiskan waktu sekitar 4 jam bahkan lebih dalam sehari hanya untuk menonton tv. Dan hal semacam ini berpotensi menyebabkan gangguan jantung bahkan kematian dini. Selain itu tv juga berdampak kurang baik untuk anak-anak karena akan membuat mereka menjadi malas untuk beraktifitas diluar ruangan atau olahraga, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan mereka. Untuk anda yang belum tahu dampak buruk apa sajakah yang bisa di timbulkan dari menonton tv terlalu lama, di bawah ini anda bisa simak 6 dampak buruk terlalu lama menonton televisi bai kesehatan :

1. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu dampak buruk akibat terlalu lama menonton tv, lantaran kebanyakan orang yang menghabiskan 4 jam atau lebih dalam sehari untuk menonton tv maka ia akan jarang menggerakan badannya dan hanya duduk-duduk santai saja di rumah, hal ini akan membuat badan jarang bergerak dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit jantung.

2. Jam tidur tidak teratur

Sering kali seseorang sampai begadang untuk menonton acara favorite di tv, hal ini menyebabkan jam tidur menjadi tidak teratur dan cenderung kekurangan waktu tidur. Sudah pasti hal ini akan menyebabkan pada menurunnya kesehatan badan seperti badan menjadi lemas, mata merah dan mudah merasakan lelah.

3. Meningkatkan resiko diabetes

Sebuah studi di amerika mengungkapkan kalau dengan menonton tv lebih dari 2 jam sehari mampu meningkatkan kemungkinan penyakit diabetes sampai 14%. Oleh karenanya di sarankan untuk membatasi menonton tv, mungkin cukup menonton tv selama 1 jam saja sehari hanya sebagai hiburan.

4. Menyebabkan obesitas atau kegemukan

Obesitas atau kegemukan memang di ketahui bisa menyebabkan beragam penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis. Lantaran pada saat menonton tv maka badan kita akan jarang bergerak dan biasanya kita dapat mengemil atau mengonsumsi makanan kecil/snack, hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan.

5. Meningkatnya resiko serangan asma

Terlalu lama menonton tv juga beresiko menyebabkan penyakit asma, berdasarkan riset di inggris, bahwa anak-anak dalam rentan usia bayi sampai 11 tahun memiliki resiko terserang penyakit asma 2 x lipat pada saat mereka menonton tv dengan durasi sekitar 2 jam atau lebih.

6. Menurunkan daya penglihatan

Mungkin hal semacam ini sudah bukan jadi rahasia lagi, bila terlalu lama menonton tv bisa menurunkan daya penglihatan dan kesehatan mata. Lantaran mata di paksa untuk selalu fokus pada objek di tv dalam jangka waktu yang lama, terlebih lagi bila kita melihat tv dengan jarak yang terlalu dekat, hal tersebut berpotensi menyebabkan mata minus.

Demikianlah 6 dampak buruk terlalu lama menonton televisi bagi kesehatan. Semoga informasinya berguna.

Baca juga : Dampak buruk radiasi smartphone bagi kesehatan tubuh

Written by 

Related posts