Search

6 Resiko Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan

Alikanews.com – Handphone atau smartphone tentu saja di era sekarang semakin canggih. Sampai apa pun yang anda inginkan bisa anda cari didalam smartphone tersebut . Smartphone memang sudah mencuri perhatian orang banyak bahkan untuk anak-anak pun telah pada bisa untuk mengoperasikan smartphone tersebut untuk menjelajahi dunia internet maupun games. Namun dari sekian semuanya yang di hasilkan oleh smartphone tentu saja ada dampak baik dan buruk. Dampak baiknya anda bisa lebih memahami tentang teknologi di dunia luar dan untuk dampak buruknya anda semakin ketagihan untuk dunia teknologi. Mungkin untuk dampak buruknya juga bisa mengacu pada kesehatan anda. terlebih jika anda terlalu sering menggunakannya baik di saat anda beraktivitas maupun saat anda sedang tidur.

Kesehatan tentu saja anda mesti bisa menjaganya dengan baik dari macam-macam gelombang elektromagnetik yang di hasilkan dari ponsel pintar tersebut . Tentu saja banyak orang yang sudah terkena efeknya tanpa anda sadari. Selain itu yang dulunya lebih mengacu di komputer dan laptop, namun untuk sekarang perannya di gantikan oleh ponsel pintar. Alasan berikut yang membuat ponsel jadi laris manis di kalangan masyarakat terlebih untuk kalangan anak muda. Nah jika anda punya budget canggih seperti ponsel saat ini sudah pasti anda harus gunakan dengan baik dan harus menjaga kesehatan anda dengan sebaik mungkin. Untuk itu 6 resiko yang anda dapat dari berlebihan menggunakan smartphone seperti berikut ini.

1. Meningkatkan Resiko Kram Jari Dan Peradangan

Nah smartphone memang canggih tetapi bisa menyebabkan hal yang tentunya tidak anda sadari seperti kram di jari. Jari, pergelangan dan siku pada tangan adalah daerah yang paling dikorbankan dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Efeknya pasti akan mulai anda rasakan seperti sering terjadi kram pada jari tangan dan beresiko meningkatkan peradangan pada sendi (tendinitis). Pemecahannya, batasi penggunaan smartphone dan lakukan peregangan setelah menggunakan smartphone pada ketiga area di atas.

2. Mengakibatkan Pegal Pada Daerah Leher Dan Punggung

Mungkin sebagian besar memang smartphone bisa menyebabkan efek yang tidak baik seperti pegal dan kelelahan di bagian lain. Sebagian besar pengguna smartphone selalu berposisi menunduk saat menatap layar smartphone miliknya. Inilah yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada daerah leher dan punggung. Pemecahannya, sejajarkan smartphone dengan kepala anda, maka rasa sakit pada ke-2 daerah tersebut bisa anda hindari.

3. Membahayakan Kesehatan Mata

Lainnya itu sangat lama memandang hp dapat menyebabkan hal yang tak baik sebagaimana rawan kesehatan mata. Rentang saat pemakaian smartphone yang demikian lama tentunya berefek jelek pada organ mata sebagaimana mulai kabur, mata kering dan mata yang mulai capek. Pemecahannya, cocokkan ukuran huruf pada smartphone senyaman mungkin saja, kerap mengedipkan mata dan sesekali alihkan pandangan dari smartphone dengan lihat objek yang lebih jauh

4. Beresiko Terkena Gejala Nomophobia

Selain itu anda juga bisa terserang hal yang tidak anda inginkan seperti nomophobia. Nomophobia adalah rasa takut untuk menjalani hidup, jika harus hidup tanpa smartphone di tangan. Pemecahannya, jangan sering mengecek smartphone dengan menaruhnya di tas dan bukan disaku anda. Dan luangkan waktu minimal sehari tanpa smartphone.

5. Merusak Jam Tidur Malam

Dan yang paling serig di alami oleh banyak orang yaitu merusak jam tidur anda. Ada banyak sekali yang perlu dicek di smartphone milik anda seperti berbagai up-date jejaring sosial dan e-mail yang belum sempat di baca. Hal inilah yang membuat seseorang terjaga sampai larut malam. Pemecahannya, jauhkan smartphone dari tempat tidur atau jangkauan tangan anda.

6. Kecanduan Dunia Maya

Selain itu anda juga bisa terkena hal yang mungkin tidak anda sadari sama sekali yakni anda bisa kecanduan. Kecanduan berarti bukan karena obat-obatan tetapi anda bisa kecanduan akan dunia maya. Memang untuk dunia maya itu asyik sampai anda bisa melupakan dunia anda yang sebenarnya. Tentu hal ini harus anda sadari dengan benar karena bisa menyangkut pikiran dan kesehatan anda.

Itulah 6 resiko penggunaan smartphone secara berlebihan. Semoga infonya bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya ya.

Written by 

Related posts