Search

5 Manfaat Penting Mematikan Lampu Saat Tidur Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Tidur adalah salah satu aktifitas yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tidur sendiri bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh, dengan tidur yang cukup maka otak akan kembali fresh dan tubuh yang lelah akibat seharian beraktifitas juga akan jadi lebih fresh. Manfaat tidur bagi kesehatan memang sangatlah banyak dsan tidak bisa dipungkiri kalau tidur menjadi salah satu kebutuhan untuk manusia, dan bila tidak terpenuhi justru akan membuat tubuh jadi kurang sehat dan bisa memancing berbagai penyakit.

Namun pernahkan anda berfikir bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat positif dari tidur? Salah satu caranya yakni dengan mematikan lampu pada saat anda tertidur. Hal semacam ini mungkin jarang dilakukan oleh sebagian orang, khususnya untuk mereka yang takut dengan kondisi ruangan yang gelap. Tetapi tidur dengan mematikan lampu ini memberikan kita banyak sekali manfaat seperti di bawah ini. Langsung saja berikut ini anda bisa simak informasi mengenai 5 manfaat mematikan lampu pada saat tidur bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Hormon Melatonin

Manfaat yang pertama dari tidur dengan mematikan lampu ini yakni bisa meningkatkan produksi hormone melatonin. Hormone melatonin sendiri berfungi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa memiliki pertahanan yang baik dari berbagai serangan virus dan penyakit. Tetapi hormone ini tidak bisa di produksi bila kita tidur dengan kondisi ruang yang terang, oleh karenanya disarankan untuk tidur dengan mematikan lampu.

2. Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Buat anda yang sulit tidur atau menderita gangguan insomnia, anda bisa mencoba untuk mematikan lampu sewaktu anda tidur. Dengan mematikan lampu maka ruangan akan jadi gelap, dan hal inilah yang akan membuat mata jadi lebih mengantuk dan mudah untuk tertidur. Selain mematikan lampu, janganlah lupa untuk mematikan gadget yang ada di sekitar anda, karena cahaya dari smartphone bisa mengganggu ritme tidur anda.

3. Meringankan stress

Tidur yang cukup dan dengan cara yang benar memang bisa mengatasi stress akibat rutinitas seharian. Hal ini bisa anda dapatkan melalui cara tidur dalam kondisi tempat yang gelap atau dengan kondisi lampu yang mati. Lantaran situasi ruangan yang gelap ini mampu membantu menstabilkan emosi dan meringankan stress.

4. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan kalau saat cahaya dihidupkan pada malam hari bisa menimbulkan ekspresi berlebihan dari sel-sel yang bisa membentuk sel-kanker, terutama untuk wanita. Oleh karenanya disarankan untuk mematikan lampu pada saat anda tidur.

5. Mencegah Kelebihan Berat Tubuh

Buat anda yang mengalami kelebihan berat tubuh atau ingin diet, tidur dengan mematikan lampu bisa menjadi salah satu solusi buat anda. Tidur dengan kondisi ruangan yang gelap bisa merangsang produksi zat melatonin, zat ini sangat bermanfaat untuk mengontrol jumlah lemak di dalam tubuh dan membakar kalori berlebih.

Semoga infonya bisa berguna ya.

Written by 

Related posts