Search

Manfaat Selada Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Selada (Lactuca sativa) yaitu salah satu tanaman sayuran yang bisa tumbuh dan di budidaya di daerah beriklim sedang dan Manfaat utama yaitu sebagai salad dan lalapan. hanya satu jenis Lactuca yaitu tanaman asli lembah Mediterania timur. Selain itu selada juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut Yaitu Manfaat Selada Bagi Kesehatan :

1. Mengatasi Kanker Payudara

Selada air memiliki fitonutrien yang bisa mencegah kanker, khususnya kanker payudara. Sebuah Riset sudah mengungkap, makan setidaknya 80 gr selada air setiap hari bisa mengurangi resiko kanker payudara.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selada air dapat dibuktikan bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti arteriosclerosis. Vitamin C yang terdapat dalam selada bertindak sebagai anti-oksidan dan menopang dalam mengurangi kerusakan jaringan jantung yang disebabkan oleh stres.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan kalau kalsium dalam mengurangi resiko tulang keropos. Selada juga adalah salah satu makanan sumber folat yang berperan langsung sebagai nutrisi interaktif dalam menjaga kekuatan tulang.

4. Baik untuk ibu hamil

Folat sangat perlu untuk pengembangan embrio yang sehat. Nutrisi yang ada dalam selada air juga dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit seperti kekurangan tabung saraf selama kehamilan.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit Stroke

Sebuah studi yang dilakukan pada 662 orang dewasa menunjukkan kalau diet kaya folat bisa mencegah stroke. Selada air adalah sumber yang baik folat untuk tubuh, dan Anda dapat makan mereka setiap hari.

6. Mengatasi Penyakit Pilek

Sebuah studi menunjukkan kalau makan makanan yang kaya vitamin C bisa mengurangi resiko flu sebesar 66 %. Selada air adalah sumber yang baik dari vitamin C untuk meringankan atau mencegah pilek.

7. Kaya Akan Sumber Vitamin A

Selada adalah sayuran yang kaya akan vitamin A terutama selada yang masih segar. Vitamin A bisa membantu dalam pemeliharaan kulit yang sehat untuk meningkatkan dalam menjaga kulit supaya tetap baik.

8. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Selada memiliki kandungan zeaxanthin yang membantu dalam meningkatkan penglihatan ; diserap oleh makula lutea retina. Zeaxanthin mempunyai sifat anti-oksidan dan membantu dalam mencegah katarak. Juga, flavonoid dalam daun selada membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.

9. Meningkatkan Kesuburan

Selada segar memiliki kandungan folat dan vitamin C. folat membantu dalam menjaga janin sehat selama kehamilan untuk mengurangi kemungkinan komplikasi ; juga membantu dalam meningkatkan kesehatan reproduksi pria dan wanita.

10. Sumber Daya Mineral

Selada adalah sumber yang kaya berbagai jenis mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium-yang meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Kalium yaitu vascodilutor penting yang membantu untuk menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Semoga infonya bisa berguna.

Written by 

Related posts