Search

Pelaku Pembunuhan Kim Jong-nam Akan Segera Dideportasi

Alikanews.com – Terduga pelaku pembunuhan Kim Jong-nam, Ri Jong-chol, akan selekasnya dideportasi oleh Malaysia. Perintah penahanan pada pria berusia 46 tahun itu akan kadaluwarsa pada Jumat 3 Maret 2017. Perintah itu terlebih dulu telah diperpanjang pada 25 Februari 2017.

Jaksa Agung Tan Sri Mohamed Apandi Ali mengonfirmasi, Ri Jong-chol akan selekasnya dibebaskan dari tahanan. Pria asal Korea Utara (Korut) itu telah ditahan sejak 18 Februari. Selepas masa perpanjangan berakhir, ia akan  segera dideportasi.

“Dia tak akan dijatuhi dakwaan disini karena tak ada bukti yang cukup,” kata Tan Sri Mohamed Apandi Ali, mengutip dari The Star, Kamis (2/3/2017). Ia menambahkan, Ri Jong-chol akan dideportasi lantaran tidak mempunyai dokumen yang sah.

Ri Jong-chol yang diklaim sebagai seorang ahli kimia, diketahui semestinya bekerja di Departemen Teknologi Informasi (IT) Perusahaan Tombo Enterprise, produsen suplemen pencegahan kanker di Cheras, Malaysia. Tetapi, nyatanya ia tidak pernah bekerja di perusahaan itu.

Ia diketahui lulus dari jurusan ilmu pengetahuan dan kedokteran dari sebuah universitas di Korea Utara pada 2000. Ri Jong-chol bekerja di sebuah pusat penelitian di Kolkata, India, pada 2010-2011. Pria itu tinggal di Malaysia bersama dengan keluarganya dan hidup dalam situasi misterius menurut kesaksian para tetangga.

Ri Jong-chol diduga berperan sebagai sopir yang membawa empat orang terduga pelaku asal Korut. Empat lelaki itu diyakini sebagai otak pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un.

Ri Ji-hyon, Hong Song-hac, O Jong-gil, serta Ri Jae-nam sekarang menjadi buronan Kepolisian Malaysia. Keempat orang itu diyakini sudah melarikan diri dari Negeri Jiran dan kembali pada negara asalnya, cuma beberapa saat setelah Jong-nam diracun di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Written by 

Related posts