Search

Penembakan di Thailand Sebabkan 4 Orang Tewas

Alikanews.com – Aksi penembakan berlangsung di wilayah Thailand selatan yang dirundung konflik. Empat orang tewas, termasuk seorang bocah dalam insiden di provinsi Narathiwat.

Kepolisian Thailand berujar, dua anak yang lain juga terluka dalam insiden di desa Rueso itu pada Kamis dini hari waktu setempat.

Kepala kepolisian Rueso Kolonel Ruangsak Buadang berujar, para pemberontak melepas tembakan ke sebuah kendaraan yang dikemudikan seorang ajudan kepala desa setempat. Ajudan itu bersama istri dan saudara iparnya, tengah mengantarkan putra mereka yang berusia 8 tahun dan dua anak lainnya ke sekolah.

“Sejumlah pemberontak melepaskan tembakan ke truk itu, sehingga menewaskan empat orang dan melukai dua anak lainnya,” kata Ruangsak sebagaimana dikutip kantor kabar Reuters, Kamis (2/3/2017).

Serangan ini berlangsung setelah awal minggu ini tercapai kesepakatan antara pemberontak di Thailand selatan dengan pemerintah Thailand untuk membuka zona aman.

Juru bicara Operasi Keamanan Internal di militer Thailand, Kolonel Yuthanam Phetmuang, mengutuk penembakan itu. “Ini aksi barbar,” cetus Yuthanam.

Selama beberapa dekade, aksi pemberontakan sudah melanda provinsi Yala, Pattani dan Narathiwat di Thailand selatan yang sebagian besar penduduknya muslim. Menurut kelompok monitoring berdiri sendiri, Deep South Watch, lebih dari 6.500 nyawa sudah melayang sejak konflik memanas pada tahun 2004.

Written by 

Related posts