Search

Ketahuilah 13 Manfaat Penting Beras Merah Untuk Kesehatan

Alikanews.com – Beras merah adalah salah satu sumber makanan yang juga memiliki kandungan serat dan nutrisi lainya. biasa beras merah di fungsi untuk bubur atau makanan bayi, Akan tetapi tidak jarang juga beras merah ini di manfaatkan untuk program diet untuk orang dewasa karana beras merah kaya akan serat sehingga saat di konsumsi tidak akan cepat lapar.

Berikut 13 manfaat penting beras merah untuk kesehatan :

1. Melawan asma

Di dalam beras merah terdapat kandungan magnesium di dalamnya, Bila konsumsi beras merah secara teratur bisa membantu melawan penyakit asma.

2. Kaya akan serat

Beras merah punyai kandungan serat yang tinggi. Seperti dengan nasi putih hanya berisi karbohidrat sederhana, didalam beras merah terdapat kandungan karbohidrat kompleks yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Bisa mencegah kanker

Selenium dan polifenol yang terdapat dalam beras merah dipercaya mampu mencegah kanker usus besar. Selain serat dan tinggi anti-oksidan pasti bisa membantu tubuh untuk menghindari beragam jenis kanker disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengontrol kadar gula darah

Indeks glikemik yaitu angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik rendah, beras merah memiliki kandungan zat tersebut dalam mengatur kadar gula darah dan produksi insulin.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Magnesium dalam beras merah juga begitu baik untuk kesehatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Magnesium yaitu nutrisi penting untuk membangun tulang yang kuat. Jika Kekurangan asupan magnesium bisa menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah di kemudian hari. Konsumsi beras merah juga meredakan nyeri sendi.

6. Mengurangi kadar gula darah

Karena rendah glikemik, beras merah bisa mengurangi takaran gula darah di dalam diri kita. Dan mengatur fungsi insulin tubuh untuk membantu mengontrol penyakit diabetes. Beras merah adalah solusi yang tepat untuk pengidap diabetes.

7. Menangkal radikal bebas

Beras merah adalah sumber serat dan mangan. Mangan yang sering mengambil posisi penting dalam menciptakan vitalitas untuk seseorang bagian penting dari mineral dan merupakan anti-oksidan yang akan melindungi tubuh kita.

8. Memiliki kandungan Vitamin B6

Dengan makan hanya satu porsi beras merah, bisa memenuhi 23 persen kebutuhan vitamin B6, jumlah yang diperlukan untuk fungsi organ. Vitamin B6 ini di perlukan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi DNA sel-sel.

9. Turunkan resiko obesitas

Beras merah memberi daya badan serta menolong pencernaan. Konsumsi lemak yang terlalu berlebih bisa tingkatkan resiko obesitas serta beras merah betul-betul bebas dari lemak. Sudah dapat dibuktikan kalau beberapa orang yang arti beras merah sehari-hari, mempunyai resiko lebih rendah dari obesitas.

10. Bisa mencegah penyakit jantung

Karena terdapat kandungan serat yang tinggi, makan beras merah dalam diet sehat mungkin menawarkan beberapa perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

11. Bisa mencegah sembelit

Kandungan serat larut yang tinggi, maka beras merah membantu pencernaan dan pembuangan. Jenis serat larut yang memberikan lebih banyak cairan kedalam usus, sehingga gerakan lebih halus usus dan mencegah sembelit.

12. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beras merah di kenal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan makan beras merah, itu akan membantu meningkatkan tingkat kolesterol yang bermanfaat. Jadi beras merah bisa di jadikan makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

13. Bisa Mencegah terjadinya batu empedu

Dalam berbagai riset, makanan tinggi serat sangat terkait dengan mencegah batu empedu. Serat yang dicerna membantu dalam menlarutkan sisanya untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

Semoga infonya bisa berguna.

Written by 

Related posts