Search

Manfaat Luar Biasa Nasi Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Alikanews.com – Nasi yaitu beras yang sudah direbus (di masak). Proses perebusan beras di kenal sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lembut namun masih mempertahankan konsistensi. Membuat nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna beras yang sudah dimasak (tanak) berbeda-beda tergantung pada jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna beras putih saat digunakan nasi putih. Beras merah atau beras ketan hitam akan menghasilkan warna yang sama dengan warna beras.

Kandungan amilosa rendah di pati beras akan menghasilkan beras cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang memiliki kandungan sedikit pati amilosa dan amilopektin hampir seluruhnya, memiliki sifat seperti itu.

Beras Jepang (japonica) untuk sushi memiliki kandungan sekitar 12-15% kandungan amilosa sehingga beras yaitu lengket dari beras yang dikonsumsi di Asia Tropika, kandungan amilosa sekitar 20%. Secara umum, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi ‘pera’ tidak lengket, keras, dan mudah terlepas.

Beras dikonsumsi oleh sebagian besar orang di Asia sebagai sumber utama karbohidrat dalam menu sehari-hari. Beras sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan dengan lauk untuk rasa dan melengkapi kebutuhan gizi seseorang.

Beras bisa di fungsikan lagi sebagai bahan makanan yang lain menjadi masakan baru, seperti nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Beras bisa dikatakan makanan pokok untuk masyarakat di Asia, terutama Asia Tenggara.

Berikut manfaat luar biasa nasi putih bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan Suasana Hati Yang Baik

  • Serotonin yaitu senyawa yang menyebabkan perasaan senang di otak, kandungan karbohidrat mungkin mendongkraknya.
  • Hal ini dapat ditunjukkan dalam studi, seseorang yang diet setiap hari dengan konsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kecemasan.

2. Mencegah Kanker

Nasi memiliki kandungan banyak serat larut yang akan mengurangi resiko kanker sel terjadi didalam tubuh. Banyak riset sudah di lakukan dan terbukti di dalamnya kalau serat di dalamnya memperkecil terjadinya penyakit kanker.

3. Padi Non Kolesterol

Nasi tidak memiliki kandungan lemak berbahaya sama sekali atau natrium. Oleh karenanya, tentu beras juga baik untuk dimasukkan dalam diet seimbang.

4. Kaya Vitamin

Nasi yang mengandung banyak vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, tiamin, dan riboflavin.

5. Mengobati Disentri

  • Manfaat nasi dalam sekam, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi berusia tiga bulan mengandung sifat diuretik.
  • Bahkan orang-orang Cina yakin kalau beras diperkirakan untuk meningkatkan nafsu makan, sakit perut dan mengobati problem pencernaan.

6. Membuat Tingkat Gula Menjadi Stabil

Makan nasi putih secara seimbang akan membuat kadar gula dalam tubuh akan tetap stabil dan sangat cocok untuk penderita diabetes.

7. Mencegah Sembelit

Nasi putih bila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sembelit, karena kandungan serat yang rendah yang ada di nasi putih. Selain itu, terlalu banyak nasi putih akan menyebabkan buang air besar tidak akan normal.

8. Membantu Program Diet

Sudah pasti karbohidrat tinggi dalam sepiring nasi putih akan mengganggu program diet yang sedang dilakukan. Lantaran menurut ahli gizi, nasi putih akan lebih mudah untuk membuat Anda menambah berat tubuh dengan cepat.

9. Nutrisi Tubuh Akan Terpenuhi

Nasi putih adalah sumber karbohidrat, namun nutrisi yang dikandungnya sangat rendah. Akibatnya, bila terlalu berlebihan, bisa menyebabkan kekurangan gizi untuk tubuh. Nutrisi dapat didapatkan dengan mengkonsumsi banyak vitamin dari buah-buahan atau sayuran.

10. Manfaat Lain Dari Nasi Putih

  • Pati tinggi. Tingkat kadar pati beras putih begitu tinggi, dan ini bisa membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh.
  • Menghindari alergi. Banyak orang yang memiliki alergi pada nasi putih, dan sebagai pengganti bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah.
  • Kelaparan. Perut tidak akan merasa kenyang saat makan makanan kecil, sehingga banyak orang lebih cenderung untuk menambahkan bila kurang lengkap. Isi dari Nasi Putih 1 piring mengandung 242 Kalori.
  • Gizi Nasi Putih banyak terkandung karbohidrat, Nasi putih jadi diantara sumber utama energi yang cepat karena mudah diserap oleh tubuh, nasi putih tidak memiliki banyak serat coklat dan beras merah. Oleh karenanya, nasi putih yaitu makanan yang kurang cocok untuk mereka yang menderita diabetes.
  • Karena nasi putih mudah diolah dengan cepat dan bisa meningkatkan gula darah dengan cepat. Bila Anda penderita diabetes, maka takaran gula darah Anda bakal bertambah cepat saat makan nasi putih.
  • Dalam 100 gr beras putih mentah mengandung kira-kira 80 gr karbohidrat, tetapi dalam 100 gr nasi putih hanya memiliki kandungan sekitar 28 gr karbohidrat karena peningkatan berat tubuh dalam ukuran dengan air selama proses memasak.
  • Untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk energi, fungsi serta pemeliharaan organ, dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 gr karbohidrat per kg berat tubuh, namun bila Anda memiliki kegiatan olahraga yang tinggi dalam seminggu dan ingin menambah berat tubuh atau massa otot, maka kebutuhan karbohidrat dapat bertambah menjadi 3- 4 gr per kg berat tubuh tergantung pada berapa ribu Anda kkal /hari diet.

Semoga informasinya bisa bermanfaat.

Written by 

Related posts