Search

Waspadai Bahaya Jogging Malam Hari

AlikaNews.Com – Tidak memiliki banyak waktu di pagi hari un‎tuk melakukan olahraga, jangan selalu dijadikan alasan untuk Anda tidak berolahraga sama sekali. Jika Anda tidak bisa menggantinya di sore hari, masih ada waktu malam hari untuk menggantikan aktivitas fisik yang belum Anda lakukan. Anda hanya perlu meluruskan niat Anda untuk berolahraga. Jogging di malam hari bisa menjadi pilihan yang sangar sederhana untuk Anda.

Tapi, apakah lari di malam hari tidak akan membawa dampak apapun untuk kesehatan? Pasalnya American Sleep Assc, pernah menuturkan bahwa sebaiknya semua orang menghindari aktivitas fisik yang berat setidaknya 6 jam sebelum tidur, untuk menghindari gangguan tidur.

Jogging di malam hari, walaupun terbilang aktivitas yang sederhana, tetapi tetap membutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk melakukannya. Pernyataan dari American Sleep Assc tersebut dibantah oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pengetahuan Olahraga Universitas Caroline. Menurut professor yang meneliti, olahraga tiga jam sebelum tidur justru terbukti membuat tidur menjadi lebih pulas. Mereka yang berolahraga di malam hari, dapat tertidur pulas sekurangnya 30 menit usai berolahraga. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Long Island Jewish Medical Center di New York, menyebutkan bahwa fungsi paru meningkat sebanyak 6% di malam hari. Hal ini mengindikasikan bahwa, untuk berolahraga di malam hari kekuatan paru-paru Anda akan lebih baik, dan dampaknya untuk kesehatan juga cukup baik.

Yang perlu Anda ketahui adalah, bagaimana caranya agar Anda bisa dengan nyaman melakukan Jogging di malam hari, dan bagaimana agar dampaknya untuk kesehatan Anda pun terasa signifikan. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebalum Anda memulai melakukannya.

Anda bisa menghindari lari setelah makan malam. Sisakan jeda waktu sekitar 30 menit – 1 jam setelah Anda makan. Hal ini dilakukan agar, tubuh Anda tidak kehilangan energi untuk mencerna makanan yang baru masuk ke tubuh Anda. Selain itu, jika memang Anda berniat lari di malam hari, sediakan asupan makanan yang bergizi untuk tubuh, yang bisa membantu Anda menambah energi, seperti buah atau yogurt.

Sekalipun Anda akan jogging di malam hari, jangan lupakan pemanasan. Sebelum Anda berlari, lakukan gerakan-gerakan senam kecil untuk membantu jantung Anda beradaptasi dengan olahraga yang akan Anda lakukan. Setelah melakukan gerakan inti yaitu berlali, tutup olahraga malam Anda dengan pendinginan, agar pompa jantung Anda kembali ke normal.

Manfaat lari di malam hari memag sangat banyak. Bukan hanya untuk kesehatan fisik Anda, tetapi lari di malam hari juga akan membantu Anda merasa lebih rileks setelah seharin bekerja. Anda juga akan terjaga lebih segar di keesokan harinya.

Written by 

Related posts