Search

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan

AlikaNews.Com – 13 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan Untuk Pria Dan Wanita

Cara mengatasi tangan kesemutan merupakan metode pengobatan yang dilakukan secara alami dan rutin yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pembuluh darah. Kesemutan dapat menimpa pria dan wanita ayang disebabkan telah terjadi hinpitan pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah kebagian tubuh tertentu termasuk tangan menjadi tidak lancar.
Faktor Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kesemutan :

1. Terjangkiti penyakit lever
2. Gangguan pembuluh darah
3. Penyakit kelainan darah
4. Menderita hipertensi
5. Penyakit psikologi ( stres berat )
6. Terserang stroke
7. Penyakit kurang darah
Peradangan parah pada anggota tubuh
Mengalami ketidaknormalan hormon
Kanker dan tumor jinak yang menyerang saraf bagian tangan
Tubuh kekuranagn vitamin B komplek dan vitamin E
Penyakit yang berhubungan autoimun misalnya lupus

Aktivitas yang Dapat Menyebabkan Kesemutan

1. Duduk terlalu lama (bersila, Jongkok) dimana kesemutan pada kaki bisa juga menyebar kearah saraf tangan
Posisi tangan buruk saat tidur (tertekuk atau tertindih kepala)
2. Terlalu lama digunakan untuk mengetik, Menulis, Memegang dan mengangkat barang dalam jangka waktu lama
3. Kebiasaan dan ketergantungan menggunakan obat obatan pereda rasa sakit
4. Aktivitas kerja yang membutuhkan kekuatan otot tangan dan mengangkat beban berat

Waspada Kesemutan Berkepanjanga

Berhati hatilah ada beberapa penyakit akan muncul jika kesemutan tak kunjung sembuh:

sponsored links

1. Radang sumsum tulang belakang

Peradangan telah terjadi pada sumsum tulang belakang jika seseorang mengalami kesemutan diawali dengan gejala flu yang berkepanjangan dan mengalami intensitas kesemutan yang menimbulkan efek rasa tebal, Mati rasa pada permukaan kulit terus menerus.

Baca Juga:

Muka Kesemutan
Lidah kesemutan
Penyebab Kaki Terasa Panas dan Kesemutan
2. Diabetes mellitus

Ketika seseorang mengalami kesemutan terus menerus dan mengalami sensasi rasa tebal, Panas dan nyeri pada jari jari tangan seperti ditusuk tusuk yang sering muncul pada malam hari maka kondisi itu adalah bentuk dari gejala bahwa kadar gula dalam darah sangat tinggi dan anda telah mengalami penyakit diabetes mellitus.

3. Rematik

Kesemutan yang berkepanjangan dan sering kambuh dapat mengindikasikan bahwa penyakit rematik sedang menjangkiti tubuh anda, Dimana gejalanya adalah adanya rasa ngilu, Nyeri dan rasa tidak nyaman pada persendian. (Baca Juga: obat kesemutan tangan , penyakit yang berhubungan peredaran darah)

Penanganan Tangan Kesemutan

Tips cara mengatasi tangan kesemutan dengan mudah bagi pria dan wanita

Secara umum

1. Mempertahankan berat badan dengan cara melakukan diet seimbang yang berstandar 4 sehat 5 sempurna secara konsisten adalah cara mengatasi tangan kesemutan yang bisa diterapkan pada anak anak usia diatas 12 tahun.
2. Cara mengatasi tangan kesemutan paling mudah dan dapat segera dilakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas dan alkohol karena alkohol penyebab utama terhambatnya aliran darah.
3. Kurangi atau jauhi kebiasaan merokok karena tembakau dapat mempersempit masuknya darah kepembuliuh arteri darah yang bertugas mengatur dan menyuplai jumlah darah keseluruh bagian saraf perifer.
4. Selalu melakukan peregangan disela sela aktivitas agar kondisi aliran darah di[embuluh arteri tetap lancar . Imbangi pula dengan mengkonsumsi air putih sesering mungkin.

Secara tradisional

1. Batang kayu manis

Selain jadi pelengkap bumbu masakan yang beraroma harum dan manis, Batang kayu manis dapat dijadikan metode baru untuk cara mengatasi tangan kesemutan yang terbukti dapat Memperbaiki penyempitan aliran darah dibagian tangan dan dapat pula meningkatkan sirkulasi darah dalam jangka panjang. Manfaat tersebut disebabkan kayu manis memiliki kandungan vitamin B komplek, Mineral jenis mangan dan kalium. Kayu manis bisa diseduh didalam air panas dengan takaran air satu gelas. Gunakan ukuran 4 gr perhari dan konsumsilah seduhan kayu manis tersebut satu kali setiap hari secara rutin. Seduhan kayu manis ini dapat diberikan pada anak anak usia diatas 12 tahun , Dewasa ataupun orangtua dan dapat dijadikan untuk cara mengatasi tangan kesemutan paling sederhana.

2. Daun pegagan

Tumbuhan pegagan adalah tumbuhan herbal yang telah lama digunakan untuk cara mengatasi tangan kesemutan karena pegagan mengandung senyawa kimia tankuinsida, Hidrokontin dan Asiatkosida yang dapat melancarkan peredaran darah diarea saraf saraf tubuh termasuk tangan. Rebuslah 10 lembar daun pegagan dengan takaran air 2 gelas hingga mendidih. Dinginkan lalu saringlah airnya untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur.

3. Kunyit

Kunyit merupakan rimpang yang memiliki kandungan senyawa kurkumin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk mampu meningkatkan stabilitas peredaran darah, Memperbaiki sirkulasi darah diarea tangan dan menghilangkan efek kesemutan relatif lebih cepat. Cara mengatasi tangan kesemutan yaitu parutlah 3 rimpang kunyit, Bersihkan kulitnya lalu parutlah untuk kemudian peras sarinya dan tambahkan air matang dan madu secukupnya. Konsumsilah dua hari sekali secara konsisten. Ramuan sederhana yang nikmat ini dapat diberikan segala usia. Mengapa Minum air kunyit disarankan hanya 2 hari sekali? karena salah satu bahaya minum kunyit setiap hari yang harus kamu ketahui adalah naiknya asam lambung.

4. Minyak biji sawi

Minyak biji sawi atau mustard oil adalah minyak alami yang dapat dijadikan cara mengatasi tangan kesemutan karena didalamnya kaya akan zat asam lemakm omega 3, 6 dan vitamin E yang jika bergabung dapat bertindak sebagai antuoksidan yang kuat yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah. Taruhlah beberapa tetes minyak biji sawi pada penggorengan kecil dan nayalakan api kecil lalu biarkan hingga hangat. Gunakan minyak yang telah hangat tersebut untuk diolesi pada pada permukaan kulit tangan yang mengalami kesemutan 2 kali sehari dan jangan lupa lakukan pula pemijatan perlahan selama 20 menit setiap hari secara rutin sebelum tidur malam.

5. Jus ginko biloba

Ginko bilabo merupakan tumbuhan yang memiliki zat antioksidan tinggi yaitu flavonoid, Lakton terpen, Quercetin, Kaempferol, Isorhamnetin yang aktif dalam memperbaiki kerusakan saraf dan sel sel akibat serangan polutan udara diantaranya debu dan kotoran dalam bentuk lain. Cara mengatasi tangan kesemutan bisa dengan menggunakan segenggam daun ginko biloba, Cucilah sampai bersih lalu blenderlah untuk kemudian disaring sarinya.. Bisa ditambahkan madu untuk menekan ras getirnya. Madu dapat bertindak sebagai zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kinerja jus itu senddiri. Minumlah 2 kali sehari.

6. Kulit manggis

Kulit manggis mengandung senyawa xantone yang bertindak sebagai antioksidan dimana khasiat kulit manggis bagi kesehatan saraf saraf ditangan adalah dapat melancarkan aliran darah, Melebarkan pembuluh darah yang mengerut dan memperbaiki fungsi saraf saraf tangan agar menjadi lebih baik. Kulit mangga merupakan bahan herbal terbaik untuk cara mengatasi tangan kesemutan yaitu dengan cara rebuslah 2 buah kulit manggis dengan takaran air 5 gelas air sampai mendidih dan tunggulah hingga air tersisa menjadi dua gelas. Dinginkan lalu saring airnya untuk kemudian siap untuk diminum 2 kali sehari secara rutin.

7. Waru landak

Daun waru landak memiliki kandungan senyawa antosianin, Hyperin, Spiraeoside, Cyanidin 3, Rutinoside yang mampu melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan akibat saraf saraf tangan menderita tekanan karena aktivitas mengangkat beban berat. Cara mengatasi tangan kesemutan dengan waru landak adalah rebuslah 5 lembar daun waru landak dengan 3 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan, Saringlah rebusan daun waru lalu minumlah secara rutin satu kali sehari.

8. Daun saga

Cara mengatasi tangan kesemutan bisa menggunakan manfaat klinis dari daun saga . Daun saga mengandung protein nabati, Oksalat, Kalsium pantosa, Kalsium polygalacturomic acid, Kalsium glisirizin, Kalsium flisirizinat dan vitamin A, B1, B6 dan vitamin C yang dapat menghilangkan efek seperti ditusuk tusuk (kesemutan) pada tangan dan melancarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Rebuslah segenfggam daun saga dengan a3 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan satu gelas saja. Dinginkan lalu saringlah untuk kemudian diminum satu kali sehari.

Written by 

Related posts