Search

Menlu Jepang ke Kantor Luhut, Bahas Kereta JKT-SBY dan Patimban

Alikanews.com -Siang hari ini, Menteri Muda Jepang untuk Urusan Luar Negeri, Nobuo Kishi mengunjungi kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Adik Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe itu datang sekira pukul 11.40 WIB untuk bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Pertemuan tersebut dilaksanakan selama 40 menit, hingga pukul 12.20 WIB.

Setelah pertemuan, Nobuo menerangkan ada banyak hal yang dibicarakan dengannya bersama Luhut, salah satunya ialah yang terkait dengan kondisi di lautan bebas dan terbuka.

“Tadi saya melakukan pertemuan dengan Menko Luhut Panjaitan, membahas mengenai isu-isu yang terkait dengan laut bebas dan terbuka,” jelas Nobuo di usai pertemuan, Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Nobuo mengatakan, Indonesia dan Jepang mempunyai potensi yang baik untuk bisa meningkatkan kerja sama, khususnya di sektor kelautan.

“Jepang dengan Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbuka terhadap laut dan juga terjalin satu sama lain melalui laut. Oleh karena itu Jepang dan Indonesia mempunyai potensi banyak untuk meningkatkan kerja sama,” kata dia.

Lebih lanjut Nobuo menambahkan, dalam pertemuan tersebut, ia bersama Luhut juga sempat membahas proyek Pelabuhan Patimban dan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Karena, Jepang sendiri ikut ambil bagian dalam dua proyek tersebut.

“Memang di antara beberapa topik yang dibahas ada yang terkait Patimban dan kereta Jakarta-Surabaya dan hasilnya memang membangunkan diskusinya,” kata dia.

Kunjungannya ke Indonesia sendiri, diakui Nobuo, ialah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Pertemuan Dewan Menteri Indian Ocean Rim Association (IORA) 2017, yang digelar di Jakarta, pada 5-6 Maret 2017.

“Saya sekarang lagi berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri konferensi IORA,” tuturnya.

 

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts