Search

Pemimpin Arab Israel Pertahankan Jalan Arafat

Alikanews.com – Politikus Arab Israel mempertahankan nama jalan almarhum Yasser Arafat di utara Israel selepas Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah akan membongkarnya.

Sebuah kota kecil Arab Israel, Jatt, beberapa waktu terakhir ini meresmikan nama Jalan Yasser Arafat untuk menghormati bekas Pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Arafat dianggap sebagai seorang pahlawan bagi rakyat Palestina namun dibenci oleh kalangan Yahudi Israel.

Pada Ahad, 5 Maret 2017, Dewan Jett meniadakan seluruh tanda jalan yang dikira kontroversial, termasuk Jalan Yasser Arafat. “Tetapi jalan itu akhirnya ditukar dengan nama lain,” tv Channel 10 melaporkan.

Wali kota setempat tidak mau berkomentar, tetapi media Israel melaporkan nama jalan Yaaser Arafat itu telah diganti selepas ada ancaman dari Netanyahu. Ayman Odeh, pimpinan Daftar Gabungan Arab di parlemen Israel, berujar Arafat adalah sebuah simbol.

“Beliau seorang pemimpin gerakan pembebasan nasional dan ia memilih jalan damai dan perundingan serta memenangkan hadiah Nobel Perdamaian. Hak Anda berujar, saya menentang pria ini,” ujar Odeh pada wartawan.

Namun, katanya lagi, jalan-jalan di kawasan Yahudi mempunyai beberapa nama tokoh Yahudi setelah politikus kanan memerintah serta melakukan pembunuhan.

“Saya tidak bisa menerima, itu dibolehkan namun nama Yasser Arafat dilarang.”

Arab Israel yaitu warga Palestina yang tetap tinggal selepas negara Israel berdiri pada 1948. Menurut data statistik, jumlah mereka sekitar 17,5 % dari delapan juta penduduk Israel.

“Jatt berpenduduk sekitar 11 ribu,” tulis Arab News.

Written by 

Related posts