Search

6 Akibat Kekurangan Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Alikanews.com – Vitamin adalah salah satu nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh, selain untuk proses metabolisme, vitamin juga bertindak penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat di perlukan oleh tubuh yakni vitamin C. Vitamin C sendiri memang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu vitamin C juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh supaya bisa melawan serangan bakteri atau virus penyebab penyakit. Lantaran begitu di perlukan oleh tubuh, maka bila kekurangan asupan vitamin C ini akan membuat tubuh jadi rentan terhadap penyakit. Di bawah ini anda bisa simak informasi mengenai 6 akibat kekurangan vitamin C bagi kesehatan tubuh :

1. Anemia

Salah satu dampak buruk akibat kekurangan asupan vitamin C yakni Anemia atau kekurangan sel darah merah. Anemia sendiri umum terjadi pada wanita yang tengah hamil atau menstruasi, karena kekurangan zat besi. Dan vitamin C sendiri bertindak penting supaya penyerapan zat besi bisa lancar.

2. Mudah lelah

Akibat kekurangan vitamin C yang selanjutnya yakni tubuh cepat lelah. Hal ini biasa terjadi lantaran kurang mengkonsumsi makanan atau buah yang memiliki kandungan vitamin C sehingga tubuh jadi kekurangan energy dan mudah lelah.

3. Kemampuan melawan infeksi menurun

Vitamin C memiliki fungsi penting dalam sistem kekebalan tubuh, bila anda kekurangan vitamin C maka bisa di pastikan sistem kekebalan tubuh anda akan menurun. Hal ini mengakibatkan tubuh sulit untuk melawan infeksi yang di sebabkan oleh virus atau bakteri.

4. Masalah gusi dan gigi

Kekurangan vitamin C bisa berakibat gigi yang tanggal atau pendarahan pada gusi. Seperti yang kita tau vitamin C begitu berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut. Hal ini karena vitamin C bisa membantu mensintesi kolagen yang di perlukan oleh gigi dan gusi.

5. Kerusakan di jaringan jantung

Vitamin C bermanfaat untuk memeperkuat dan menyehatkan jantung, bila anda kekurangan vitamin C maka akan terjadi kerusakan pada sel-sel darah. Hal ini akan mengakibatkan kerja jantung menjadi terganggu atau bila dibiarkan dalam jangka panjang akan terjadi kerusakan pada jantung.

6. Kulit kering dan kasar

Lainnya itu vitamin C juga berperan sangat penting untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Gejala yang muncul saat seseorang kekurangan vitamin C yakni kulit akan jadi kering dan kasar, oleh karenanya penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda.

Itulah 6 akibat kekurangan vitamin C bagi kesehatan tubuh. Semoga informmasi ini bsia bermanfaat ya.

Baca juga :

Written by 

Related posts