Search

5 Gejala Penyakit Tipes Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Alikanews.com – Tipes adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada banyak orang khususnya anak-anak. Tipes merupakan penyakit yang perlu untuk di waspadai, lantaran bila dibiarkan terlalu lama penyakit ini bisa berdampak lebih buruk. Tipes sendiri memiliki gejala yang nyaris sama dengan penyakit demam berdarah, dan sama parahnya. Penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala yaitu suhu tubuh yang tinggi dan tubuh menjadi lemas.

Buat anda yang memiliki anak, dan mengalamai gejala berikut ini berarti anda perlu waspada dan segera membawa anak anda ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Tipes sendiri di sebabkan oleh virus, dan tergolong cepat dalam penyebarannya, oleh karenanya kita memang harus menjaga kebersihan rumah agar anak-anak kita tidak terjangkit oleh penyakit tipes. Di bawah ini kami berikan info mengenai gejala penyakit tipes, langsung saja ini dia 5 gejala penyakit tipes pada anak :

1. Demam

Biasanya penyakit tipes ini diawali dengan gejala demam tinggi pada anak. Suhu tubuh anak akan terus meningkat setiap waktu malahan ketikan malam hari suhu tubuh bisa mencapai hingga suhu 40 derajat celcius. Biasanya gejala demam ini akan diikuti dengan rasa pusing di bagian kepala dan tubuh serasa begitu lemas. Gejala demam ini sendiri biasanya selalu naik turun dan bisa menyebabkan anak hingga jatuh pingsan.

2. Sakit Perut, Mual Sampai Muntah

Selain demam, gejala tipes yang lain yakni sakit perut. Gejala tipes memang biasanya akan menyebabkan sakit perut karena pada dasarnya rasa sakit akibat tipes ini bisa dirasakan akibat terinfeksinya usus 12 jari. Selain itu gejala dari penyakit tipes akan membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan yang parah seperti sembelit atau diare. Bahkan pada keadaan tertentu bisa menyababkan anak mengalami muntah-muntah, hal semacam ini menandakan kalau bakteri sudah menginfeksi sampai ke organ hati dan limpa.

3. Lidah Berwarna Putih

Gejala tipes yang lain pada anak yakni berubahnya warna lidah. Biasanya warna lidah pada anak yang menderita tipes yaitu berwarna agak pucat atau putih, namun pada ujung lidah terus berwarna merah. Bisanya ketikan anak yang menderita tipes ini menjulurkan lidahnya maka akan terlihat lidahnya bergetar.

4. Denyut Nadi Menjadi Lambat

Jika biasanya seseorang yang mengalami peningkatan suhu yang tinggi di tubuhnya, maka denyut nadi akan meningkat atau lebih cepat maka lain halnya dengan penderita tipes. Saat menderita tipes malah denyut nadi akan melambat meskipun pada saat ini suhu tubuh sedang naik.

5. Bau Mulut

Selain warna lidah menjadi pucat atau putin, tipes akan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pada mulut seperti bau mulut. Biasanya para penderita tipes memang akan mengalami bau mulut, walaupun mereka sudah menggosok gigi secara teratur.

Demikianlah 5 gejala awal penyakit tipes pada anak yang perlu di waspadai. Semoga infonya bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Baca juga : 8 cara alami dan ampuh mengobati penyakit tipes

Written by 

Related posts