Search

Tips Mudah Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

Alikanews.com – Usus merupakan bagian yang paling penting dari sistem pencernaan tubuh, lantaran semua makanan dan minuman yang masuk ke tubuh akan melalui usus untuk kemudian di cerna. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kesehatan usus, karena usus adalah salah satu organ tubuh yang vital. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan usus, dari mulai cara sederhana sampai cara yang memakai obat kimia.

Tetapi di bawah ini kami berikan buat anda cara alami dan sederhana untuk menjaga kesehatan usus, karena cara berikut ini termasuk cara mudah dan jga alami maka dijamin tanpa ada efek samping dan akan lebih efektif tentunya. Langsung saja berikuti informasi mengenai tips mudah menjaga usus agar tetap sehat :

1. Makan Secara Teratur

Tips yang pertama untuk menjaga kesehatan usus yakni dengan membiasakan makan secara teratur. Secara teratur makan maka produksi asam lambung akan seimbang dan lebih terkontrol, sehingga sistem pencernaan juga akan lancar dan usus akan lebi terjaga kesehatannya. Karena dengan makan secara teratur maka anda akan terlepas dari sakit maag, karena sakit maag akan berimbas pada usus.

2. Mengunyah Makanan Lebih Lama

Tips yang selanjutnya mungkin sudah sering anda dengar yakni dengan mengunyah makanan lebih lama atau hingga makanan agak halus. Karena makanan yang halus akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan akan lebih mudah melewati usus. Biasakan anda mengunyah makanan sampai agak halus baru kemudian makanan tersebut anda telan.

3. Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan yang memiliki serat memang sangat bermanfaat dan menyehatkan untuk usus dan lambung. Hal ini karena makanan yang memiliki serat akan melancarkan pencernaan, sehingga usus juga akan lebih sehat dan lebih mudah dalam mencerna makanan.

4. Mengurangi Makanan Pedas, Asam, dan Manis

Makanan yang memiliki rasa yang terlalu pedas, asam dan manis memang kurang baik untuk usus. Lantaran makanan itu akan menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan, dan mengakibatkan empedu bekerja lebih keras dari biasanya. Selain itu makanan yang terlalu pedas dapat juga menyebabkan timbulnya bakteri di dalam usus.

5. Perbanyak Asupan Cairan untuk Tubuh

Dan tips yang terakhir yaitu dengan memperbanyak asupana cairan tubuh, yaitu dengan adanya banyak minum air putih. Seperti yang kita tahu kalau air putih bisa melarutkan racun dan sisa makanan yang terdapat di sekitar usus. Oleh karenanya di sarankan agar kita minum air putih yang cukup.

Nah, itulah tips mudah menjaga usus agar tetap sehat. Selamat mempraktekan dan semoga infonya bisa berguna.

Baca juga : Gejala dan cara mengobati usus buntu seccara alami

Written by 

Related posts