Search

Manfaat Dan Kegunaan Pohon Aren Bagi Manusia

Alikanews.com – Pohon Aren atau disebut pohon Enau ini memiliki bentuk fisik yang nyaris sama dengan pohon kelapa sawit, dengan mempunyai buah yang kecil dan daun yang lebar-lebar. Pohon yang dikenal juga dengan nama latin “arenga pinnata” ini yaitu salah satu jenis pohon yang bisa dimanfaatkan seluruh bagian pohonnya, dari mulai daun, buah hingga batang kayunya.

Poho Aren atau enau ini sering tumbuh pada daerah asia dengan iklim tropis, yang menyebar hingga ke Indonesia. Pohon aren ini tumbuh seperti kelapa dengan bijinya, yang memang sekarang sudah mulai banyak dijadikan lahan bisnis untuk pemanfaatan tertent. Oleh karena itu buat anda yang belum tau mengenai manfaat dan kegunaan pohon aren ini, berikut manfaat dan kegunaan pohon aren bagi manusia :

1. Membuat Gula Aren

Gula aren siapa sih yang tidak kenal dengan jenis gula yang satu ini? Ya, gula aren merupakan salah satu produk olahan dari tanaman aren yang bisa diperlohe dari sadapan pohon aren yang diberi nama nira. Nah dari nira inilah lalu di proses menjadi bentuk gula yang keras serta padat dan manis. Gula aren sendiri sering sekali digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan masakan maupun minuman khas dari suatu daerah.

2. Membuat Minuman fermentasi

Nah nira yang tidak di proses menjadi gula aren bisa pula dimanfaatkan sebagai salah satu jenis minuman fermentasi yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Yang biasanya air nira hasil dari pohon aren ini di jual dengan menggunakan pikulan yang terbuat dari bambu. Tetapi sayang, penjual dari air nira pada tabung pikulan bambu saat ini sudah begitu jarang ditemui.

3. Membuat cuka aren

Air Niri dapat juga digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan cuka aren. Namun meskipun demikian, cuka aren pada saat ini popularitasnya sudah kalah jauh oleh cuka dapur yang di buat oleh pabrik yang lebih modern.

4. Kolang kaling

Apakah anda tahu kolang-kaling? Kolang kaling ini adalah salah satu bahan makanan yang sering kita temui pada minuman es campur maupun sebagai campuran kolak pisang. Dan banyak sekali di jual di pasar, khususnya selama ketika bulan ramadhan, apakah anda tahu kalau kolang-kaling ini adalah biji dari buah aren yang digunakan dan di proses sedemikian rupa sehingga menjadi kolang kaling yang kita kenal saat ini.

5. Sebagai pembungkus

Nah di dalam kehidupan masyarakat tradisional, dan dalam transaksi jual beli di pasar tradisional, daun aren ini sering digunakan sebagai salah satu pembungkus makanan maupun pembungkus belanjaan. Hal ini bisa menggantikan peran dari daun pisang maupun dari daun jati yang sering juga digunakan sebagai salah satu pembungkus.

6. Untuk Pembuatan tali ijuk

Selain sebagai sapu ijuk, daun aren ini dapat dapat dimanfaatkan dalam pembuatan tali ijuk. Tali ijuk ini digunakan untuk mengikat kuat untuk kontruksi rumah dengan bambu dan untuk kontuksi rumahlainnya. Seain itu juga, tali ijuk ini sering sekali digunakan untuk mengikat sesuatu yang ada di dalam laut

7. Sebagai pembuatan papan

Berikutnya untuk batang dari pohon aren juga dapat digunakan kayunya. Yang biasanya, kayu dari batang pohon aren ini digunakan untuk berbagai jenis keperluan, bisa menjadi papan sekat lemari maupun dapat pula digunakan untuk membuat papan tulis.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna.

Written by 

Related posts