Search

Angela Merkel Didampingi Bos Siemens dan BMW saat Kunjungi AS


Alikanews.com – Sejumlah pengusaha besar Jerman bakal mendampingi Kanselir Jerman Angela Merkel dalam kunjungan ke Amerika Serikat. Bos grup Siemens dan bos perusahaan otomotif BMW ikut rombongan yang akan  menemui Presiden Donald Trump pada minggu ini.

Merkel dan Trump rencananya akan berdiskusi tentang kebijakan ‘America First’ serta ancaman membebankan tarif khusus pada barang-barang impor. Dua kebijakan ini dianggap bakal menekan jumlah pekerja Amerika Serikat dengan perusahaan-perusahaan Jerman.

Grup industri kereta sampai turbin milik Siemens mempekerjakan lebih dari 50 ribu orang di Amerika Serikat, yang menjadi pasar terbesar mereka yakni setidaknya mencapai 21 % dari total pendapatan. Pabrik mobil BMW di South Carolina adalah pabrik terbesar mereka didunia.

Trump dijadwalkan bertemu dengan Merkel pada Selasa besok di Washington. Merkel berujar kepada para pemimpin bisnis di Munich pada hari ini, kalau perdagangan bebas menjadi hal penting bagi ke-2 negara. Diketahui, telah menjadi rutinitas Merkel ikut serta membawa para pemimpin bisnis di negerinya dalam perjalanan dinas penting ke luar negeri.

Pertemuan dengan Trump diagendakan berlangsung selama satu jam. Para bos besar industri Jerman itu akan  menerangkan kepada Trump mengenai pelatihan untuk para pekerja AS yang juga dibarengi tambahan kelas sekolah vokasi untuk memenuhi kualifikasi pendidikan formal.

Sumber ketegangan antara Jerman dan AS diantaranya dimulai dengan kebijakan Trump yang bakal menerapkan tarif 35 % untuk impor kendaraan bermotor. AS dan Jerman adalah partner bisnis terbesar. Dimana AS pada tahun lalu mencatatkan impor barang dan jasa dari Jerman sejumlah US$ 114 miliar atau 107 miliar Euro, dengan penghasilan ekspor AS ke Jerman mencapai 58 miliar Euro.

CEO Siemens, Joe Kaeser menunjukkan fokusnya bulan lalu mengenai perkembangan bisnis di AS sejak Trump menjabat. “Presiden AS yang baru mempunyai gaya yang berbeda dengan para pendahulunya. Ini cukup mengkhawatirkan kami, itulah yang kami lihat,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin, 13 Maret 2017.

Written by 

Related posts