Search

Jaksa Akan Periksa Park Geun-Hye Pada Pekan Depan

Alikanews.com – Jaksa Korea Selatan akan memeriksa mantan presiden Park Geun-Hye pada pekan depan berkenaan dengan skandal penyalahgunaan wewenang.

Sebagaimana dikutip AFP, Rabu 15 Maret 2017, Park yang dipecat oleh Mahkamah Konstitusi minggu lalu, sudah diminta untuk datang ke kantor jaksa di Seoul pada Selasa minggu depan.

Park, 65 tahun, akan ditanyai berkenaan dengan skandal penyalahgunaan wewenang dan korupsi yang melibatkan sahabatnya.

“Kami sudah mengirim pesan kepada pengacara Park pagi ini. Tanggal panggilan yaitu 09:30 pada tanggal 21 Maret,” demikian pernyataan kejaksaan Korea Selatan.

Park, tersangka dalam skandal ini, berkali-kali menampik ditanyai oleh jaksa sampai pengadilan tertinggi negara itu mengkonfirmasi pemakzulannya.

Akibat pemecatannya pada Jumat pekan lalu, kekuasaan dan hak istimewa Park dilucuti, termasuk perlindungan dari dakwaan kriminil. Ia pun mesti meninggalkan istana presiden pada akhir pekan.

Kepada kantor berita Korea Selatan, Yonhap, pengacara Park berujar kliennya akan bekerja sama dalam penyelidikan itu.

Skandal korupsi dan penyalahgunaan wewenang berpusat pada orang kepercayaan Park, Choi Soon-Sil, yang diadili karena tidak mematuhi kekuasaan dan pemaksaan.

Choi dituduh memanfaatkan hubungannya dengan presiden untuk memaksa perusahaan lokal, termasuk perusahaan konglomerat Samsung, supaya “menyumbangkan” hampir US$ 70 juta untuk yayasan non-profit yang diduga dipakai untuk kepentingan pribadi.

Park, putri mendiang diktator Korea Selatan, Park Chung-Hee, didakwa sebagai kaki tangan Choi untuk membantu memeras uang dari perusahaan.

Skandal yang mengguncang Negeri Ginseng ini juga melibatkan pewaris perusahaan raksasa Samsung, Lee Jae-Yong, yang sudah ditangkap dan didakwa dengan pasal penyuapan.

Written by 

Related posts