Search

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Campak

Alikanews.com – Campak merupakan infeksi yang disebab oleh virus. Dan penyakit ini akan memunculkan ruam di semua tubuh dan sangat menular. Nah campak ini bisa sangat mengganggu dan akan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Dan biasanya Gejala campak mulai muncul sekitar satu sampai dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Dan berikut gejala-gejala campak yang biasanya muncul yaitu :

  • Mata memerah.
  • Mata menjadi sensitif ke cahaya.
  • Dan gejala hampir menyerupai pilek seperti radang tenggorokan, hidung beringus dan tersumbat.
  • Dan mengalami demam.
  • Lalu bercak putih keabu-abuan pada mulut dan tenggorokan.

Penyebaran Virus Campak

Nah untuk penderita campak, virus campak ini ada di dalam percikan cairan yang di keluarkan saat bersin dan batuk. Untuk virus campak sendiri biasanya akan menulari siapa pun yang menghirup percikan cairan ini.

Dan virus campak ini sendiri bisa bertahan dipermukaan benda selama beberapa jam, nah akibatnya saat kita menyentuh benda yang sudah terkena percikan virus campak dan menempelkan tangan ke hidung atau mulut, maka kita akan ikut terinfeksi. Baca : 20 jenis penyakit menular yang harus anda waspadai

Campak lebih memang sering menimpa anak-anak berusia di bawah lima tahun. Namun memang pada dasarnya semua orang bisa terinfeksi virus ini, dan khususnya yang belum pernah terkena campak maupun yang belum mendapat vaksinasi campak.

Pengobatan Penyakit Campak

Memang sistem kekebalan tubuh manusia secara alami akan melawan infeksi virus ini, tetapi bila komplikasi terjadi ataupun infeksi campak menjadi sangat parah, dan mungkin akan memerlukan perawatan dan pengobatan campak di rumah sakit. Nah untuk mempercepat proses pemulihan penyakit ini anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membantu :

  1. Pertama anda harus minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.
  2. Perbanyaklah istirahat dan menghindari sinar matahari selama mata masih sensitif pada cahaya.
  3. Selanjutnya kita minum obat penurun demam dan obat pereda sakit serta nyeri. Namun anda harus jauhkan aspirin bila anak Anda di bawah usia 16 tahun.

Untuk Pencegahan Terhadap Campak

Dengan melakukan Vaksinasi MMR yaitu vaksin gabungan untuk campak, gondongan dan campak Jerman. Nah vaksinasi MMR ini biasanya diberikan 2 x. Yang pertama diberikan saat anak berusia 15 bln. dan untuk dosis vaksin MMR berikutnya diberikan saat mereka berusia 5-6 tahun ataupun saat mereka sebelum memasuki masa sekolah dasar. Dan memang vaksin ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam mencegah campak.

Semoga informasinya bermanfaat.

Written by 

Related posts