Search

Berwisata Ke Candi Prambanan

AlikaNews.Com – Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yaitu kompleks candi Hindu paling besar di Indonesia yang di bangun pada era ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa paling utama Hindu yakni Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, serta Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasar pada prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini yaitu Siwagrha (bhs Sanskerta yang berarti ‘Rumah Siwa’), serta memanglah di garbagriha (ruangan paling utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga mtr. yang menujukkan kalau di candi ini dewa Siwa lebih diprioritaskan.

Kompleks candi ini terdapat di kecamatan Prambanan, Sleman serta kecamatan Prambanan, Klaten, 1 lebih kurang 17 km. timur laut Yogyakarta, 50 km. barat daya Surakarta serta 120 km. selatan Semarang, persis di perbatasan pada propinsi Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta. 2 Letaknya begitu unik, Candi Prambanan terdapat di lokasi administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sementara pintu masuk kompleks Candi Prambanan terdapat di lokasi adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi ini yaitu termasuk juga Website Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu paling besar di Indonesia, juga satu diantara candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berupa tinggi serta ramping sesuai sama arsitektur Hindu biasanya dengan candi Siwa sebagai candi paling utama mempunyai ketinggian meraih 47 mtr. menjulang di dalam kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. 3 Sebagai satu diantara candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan jadi daya tarik kunjungan wisatawan dari semua dunia. 4

Baginya prasasti Siwagrha, candi ini mulai di bangun pada sekitaran tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, serta selalu diperkembang serta diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada saat kerajaan Medang Mataram.

Written by 

Related posts