Search

Eskalator Mal Hong Kong Tiba-tiba Balik Arah

Alikanews.com – Sebuah eskalator di mal Langham Place, Mong Kok, Hong Kong, mendadak berbalik arah dengan kecepatan tinggi pada Sabtu petang. Insiden di mal yang ramai pengunjung itu mengakibatkan 18 orang terluka, satu diantaranya dalam kondisi serius.

Dalam video yang direkam oleh saksi menunjukkan, eskalator dengan panjang 45 meter—penghubung lantai empat dan lantai delapan—berbalik arah tanpa peringatan dan dengan kecepatan tinggi. Para pengunjung mal ketakutan dan kehilangan keseimbangan sampai akhirnya berjatuhan.

Video lain yang juga berasal dari saksi mata menunjukkan sejumlah orang beteriak saat orang-orang berjatuhan. Teriakan itu sebagai permintaan supaya pengunjung yang naik eskalator kacau itu menempel pada pegangan supaya tidak jatuh.

Dari 18 korban luka, 14 diantaranya perempuan an sisanya pria. Mereka berjatuhan ke bawah eskalator selepas kehilangan keseimbangan.

Pihak kepolisian berujar seorang pegunjung pria yang mengalami cedera dibagian kepala sudah dibawa ke Rumah Sakit Queen Elizabeth. Korban dalam kondisi serius tetapi telah dinyatakan stabil.

Pusat perbelanjaan Langham Place adalah proyek pembaruan perkotaan Hong Kong senilai HKD11 miliar yang usai pada tahun 2004.

”Saya naik eskalator, dan itu 2 x lebih cepat dari biasanya,” seorang wanita, yang terluka di kakinya dalam kecelakaan itu, sebagaimana dilansir South China Morning Post, tanpa menyebutkan identitas korban, Minggu (26/3/2017).

Wanita lain di lokasi peristiwa, Tina, mengaku melihat eskalator begerak dalam kecepatan tinggi. ”Saya mendengar prang-orang berteriak, eskalator akan turun namun kecepatan dipercepat,” ujarnya. ”Orang-orang mulai panik dan  beberapa diantaranya jatuh,” katanya.

Seorang pengunjung yang tengah belanja, Lau Kit-ying, mengaku melihat adegan kekacauan itu, dimana laju eskalator tidak wajar. ”Itu sangat mendadak, orang tidak bisa merespons dalam sekejap, lebih dari 10 orang menumpuk di dekat pangkal eskalator,” ujar Lau.

Menurut dia, seorang pria yang jatuh di lantai mengalami perdarahan. ”Saya tidak yakin apakah ia sadar, namun seorang pria asing dan staf mal membantu menghentikan pendarahan dengan melakukan pertolongan pertama,” ujarnya.

Written by 

Related posts