Search

Sidang ke-16 Kelar, Jaksa Susun Tuntutan untuk Jerat Ahok

Alikanews.com – Agenda pemeriksaan saksi dalam sidang ke-16 kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama siap dilaksanakan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017) malam.

Pekan depan majelis hakim mengagendakan pemeriksaan terdakwa dan alat bukti, Selasa (4/4/2017).

Ketua jaksa penuntut umum (JPU) Ali Mukartono mengatakan pihaknya sudah dapat menyusun tuntutan bagi terdakwa setelah semua saksi dan ahli selesai diperiksa.

Meski begitu, Ali masih enggan membagi informasi terkait pasal yang akan dikenakan pada terdakwa. Saat ini JPU mendakwa dengan pasal 156 dan 156 a KUHP.

“Sudah bisa (membuat tuntutan), sudah bisa diawali. (Pasal hukum) Tunggu, tapi kami optimis. Nanti tunggu final seperti apa,” kata jaksa Ali kepada wartawan usai sidang di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017).

Dalam persidangan, beberapa ahli hukum pidana yang dihadirkan kuasa hukum menilai, perbuatan penodaan agama harus memiliki unsur niat, bukan hanya kesengajaan.

Menanggapi hal itu, Ali mengaku akan menjawabnya pada uraian tuntutan yang akan diajukan.

“Itu nanti juga diuraikan dalam tuntutan seperti apa. Pernah saya katakan bahwa tiap peristiwa itu tidak bisa dinilai sebagai peristiwa yang berdiri sendiri, harus dengan peristiwa yang lain,” kata Jaksa Ali.

Menurut simulasi jadwal persidangan, sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dari JPU akan digelar dua minggu lagi, yaitu Selasa (11/4/2017).

 

Sumber : tribunnews.com

Written by 

Related posts