Search

Segudang Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh

Alikanews.com – Petai atau yang dalam bhs latinnya disebut “Parkia speciosa” adalah tumbuhan yang berbuah dalam siklus tahunan dan tersebar di seluruh Nusantara. Di balik aromanya yang menyengat ternyata petai memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berdasar pada sumber teraktual yaitu Wikipedia, petai merupakan surganya sumber energi dibandingkan buah yang lain. Buah petai juga sudah terbukti mempunyai protein empat kali lebih banyak, karbohidrat 2 x lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta 2 x lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya dari buah-buahan yang lain. Petai adalah sumber energi yang baik, yakni 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Gabungan itu mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya.

Berikut segudang manfaat petai bagi kesehatan tubuh :

1. Mengobati anemia

Kandungan zat besi yang tinggi yang terdapat pada petai bisa merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dalam darah sehingga sangat bermanfaat untuk seseorang yang terkena anemia.

2. Menormalkan tekanan darah

Petai memiliki kandungan kalium tinggi tetapi rendah garam, oleh karena itu petai menjadi sajian tepat begitu sempurna untuk mengobati tekanan darah. Menurut riset yang ditulis dalam The New England Journal of Medicine, makan petai bisa menurunkan resiko kematian karena stroke sebanyak 40%.

3. Meningkatkan daya ingat

Riset menunjukkan kandungan kalium yang ada pada petai bisa membantu meningkatkan daya ingat otak. Hal ini membuat petai sangat baik dikonsumsi oleh pelajar yang masih dalam proses belajar.

4. Mengatasi stress

Kalium yaitu mineral penting yang bisa menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengelola keseimbangan cairan di dalam tubuh manusia. Saat Anda cemas, metabolisme akan meningkat, sehingga mengurangi kadar potasium. Petai bisa membatu menambah suplai potasiun pada tubuh manusia.

5. Mengobati sakit maag

Petai yaitu makanan yang tepat untuk Anda. Petai memiliki efek antasid pada tubuh yang dapat mengurangi sakit akibat sakit maag.

6. Beberapa manfaat petai

  • Kandungan vitamin B6 pada petai berperan mengontrol gula darah yang dapat membantu untuk mendapatkan mood yang tetap baik saat menstruasi terjadi.
  • Mengonsumsi petai akan mengakibatkan terasa kenyang lebih lama sehingga begitu bagus bagi program diet untuk mengurangi kegemukan karena kelebihan berat tubuh.
  • Kandungan serat dalam petai bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga usus akan jadi lebih sehat dan terlepas dari penyakit sembelit.
  • Kandungan petai bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal sehingga petai sangat bagus jika dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.
  • Kandungan petai bisa membantu terlepas dari penyakit stroke saat kondisi tekanan darah yang sudah terkontrol sehingga bisa mengurangi terjadinya terserang stroke.
  • Mengkonsumsi petai secara teratur supaya tubuh tetap sehat (khusus untuk penggemar petai).

Itulah segudang manfaat petai bagi kesehatan tubuh. Semoga infonya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts