Search

Yuk, Jalan – Jalan Ke Kawah Ijen,Jawa Timur

AlikaNews.Com – Kawah Ijen terdapat di puncak Gunung Ijen yang disebut satu diantara rangkaian gunung berapi di Jawa Timur sebagaimana Bromo, Semeru, serta Merapi. Gunung Ijen terdapat di samping timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga ada gunung yang mempunyai nama yang sama juga dengan gunung di Jawa Tengah yakni Gunung Merapi). Lokasi Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terdapat di lokasi Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi serta Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen terdapat di ketinggian 2. 368 mtr. diatas permukaan laut. Yang menarik yaitu kawah ini terdapat di dalam kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitaran 20 km.. Ukuran kawahnya sendiri sekitaran 960 mtr. x 600 mtr. dengan kedalaman 200 mtr.. Kawah ini terdapat di kedalaman kian lebih 300 mtr. dibawah dinding kaldera.

Kenapa Kawah Ijen adalah satu diantara kawah paling asam paling besar didunia? Tahukah Anda berapakah derajat keasaman (pH) dari kawah ini? Kawah ini mempunyai tingkat keasaman yang begitu tinggi yakni mendekati 0 hingga dapat melarutkan badan manusia dengan cepat. Lainnya itu, suhu kawah yang meraih 200 derajat celcius menaikkan takjub bakal kawah yang begitu besar ini. Tetapi, di balik angka-angka yang menjadikan rasa takut itu, nyatanya kawah ini menghidangkan pesona keindahan yang juga mengagumkan. Keindahan apa sajakah yang dapat Anda peroleh di Kawah Ijen?

Pesona Keindahan Kawah Ijen

Kawah Ijen dari atas Gunung Ijen tampak begitu indah. Kawah ini adalah danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut serta asap belerang yang begitu memesona. Lainnya itu, hawa dingin dengan suhu 10 derajat celcius, malahan dapat meraih suhu 2 derajat celcius, bakal menaikkan sensasi sendiri. Beragam tanaman yang cuma ada di dataran tinggi dapat juga Anda dapatkan, sebagaimana Bunga Edelweis serta Cemara Gunung.

Ketika pagi hari, saat matahari mulai menyinari lokasi Kawah Ijen, panorama yang indah bisa Anda nikmati. Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan bakal ditambah sinar matahari yang berwarna keemasan memantul di kawah itu. Panorama mengagumkan dapat juga Anda dapatkan dengan melihat pesona keindahan Gunung Merapi yang berdekatan. Gunung Merapi mempunyai kemiripan bentuk dengan Gunung Ijen. Ketika yang paling pas untuk melihat keindahan Ijen yaitu saat pagi hari.
Untuk menuju Kawah Ijen, Anda mesti menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Janganlah lupa membawa penutup hidup lantaran terkadang asap belerang tertiup angin melalui jalur itu. Anda dapat juga melingkari kaldera di lokasi ini yang mengonsumsi saat meraih 8 sampai 10 jam jalan kaki.

Written by 

Related posts