Search

Rasakan Nikmatnya Kuliner Makassar

AlikaNews.Com – Daerah Makassar mempunyai kuliner yang terkenal. Banyak makanan Makassar yang telah jadi kegemaran beberapa orang. Umpamanya, coto makassar serta sop konro. Tetapi, makanan khas yang lain tak kalah lezat untuk dicoba. Di bawah ini sebagian makanan khas Makassar yang pantas dicoba.

Coto Makassar
Makanan berkuah dari makassar ini diisi jeroan sapi sebagaimana hati, jantung, usus, limpa, babat serta daging iga sapi. Isi ini di rebus hingga empuk serta ditambah beragam bumbu rempah-rempah sebagaimana jinten, ketumbar, serai, lengkuas, serta yang lain. Coto makassar umum dikonsumsi bersama ketupat serta sambal taoco sebagai pelengkap.

Pallubasa
Pallubasa juga serupa dengan coto makassar. Palubassa di buat dari jeroan sapi atau kerbau. Yang membedakan dengan coto makassar yaitu bumbunya serta dikonsumsi bersama nasi.

Sop Konro
Potongan sapi yang empuk dengan kuah kluwek berwarna hitam adalah ciri khas dari sop asal Makassar ini. Bumbu-bumbu dengan aroma yang harum dengan rasa khas menaikkan kekhasan sop ini. Kayumanis serta cengkeh yang dipakai dalam sop ini menjadikan rasa-rasanya merasa tidak sama di lidah.

Mi Kering
Makanan ini serupa dengan ifumi, cuma saja ukuran mi lebih kecil. Nama yang di kenal untuk makanan ini yaitu mi kering. Dimaksud sekian lantaran mi yang dipakai yaitu mi basah yang lalu digoreng jadi kering. Mi yang telah mongering ini lalu disiram dengan kaldu kental yang diisi cumi, udang, ayam, hati serta jamur. Kaldunya yang gurih berpadu begitu cocok dengan rasa mi hingga membuahkan makanan yang lezat.

Kapurung
Bila di Papua ada papeda, di Makassar juga mempunyai makanan yang serupa papeda yang dimaksud kapurung. Memiliki bahan basic sagu, kapurung tersaji kenyal yang datang dari sagu. Pada Kapurung tak lupa ditambahkan bahan sayuran yang lain sebagaimana bayam, jagung, kacang panjang serta jantung pisang. Untuk makanan penghasil protein, tak lupa ditambahkan udang atau ayam.

Kapurung umum dikonsumsi dengan kuah pindang ikan. Kombinasi rasa asam, pedas serta gurih menjadikan beberapa orang yang memburunya. Ditambah lagi dengan komposisi berbahan yang alami. Rasa-rasanya, ini makanan yang kaya dengan serat ini pas untuk Anda yang tengah diet serta menginginkan hidup sehat.

Nyuknyak
Adalah bakso khas Makassar. Kombinasi daging serta sagu membuahkan makanan yang kenyal nan lezat ini. Ditambah dengan kuahnya yang gurih serta segarnya sambal kuning yang bakal menjadikan Anda menyenanginya. Nyuknyak umum dihidangkan dengan lontong khas Makassar, ini bakal menjadikan perut Anda terisi penuh lebih lama. Tetapi, bila Anda tak menginginkan mengisi perut sangat penuh, Anda pas nikmati nyuknyak saja, tanpa ada butuh penambahan lontong.

Pisang Epe
Bermakna pisang jepit, lantaran ujar epe sendiri bermakna jepit. Pisang yang dijepit hingga gepeng lalu dibakar ini adalah camilan yang pas untuk temani aktivitas wisata Anda. Pisang yang umum dipakai yaitu pisang kapok yang tak sangat masak hingga teksturnya tak lembek.
Pisang yang dibakar di atas bara api ini bakal di beri penambahan toping sepetah selepas berwarna kecoklatan. Pada walanya, toping yang dipakai berbentuk saus gula merah. Tetapi, sekarang Anda bisa memeilih sebagian pilihan toping favorite sebagaimana saus durian, coklat atau keju. Pidang Epe banyak diketemukan di selama pantai Losari.

 

Written by 

Related posts