Search

Yuk, Wisata Edukasi Ke Monumen Kapal Selam

AlikaNews.Com – Tahukah Anda kalau Indonesia pernah jadi satu diantara negara dengan militer yang paling ditakuti di Asia? Satu diantara perlengkapan militer yang paling ditakuti pada saat kejayaan itu yaitu kapal selam. Pada tahun 1962, Indonesia mempunyai 12 kapal selam Whiskey Class buatan Uni Soviet. Kapal selam type ini yaitu satu diantara yang paling baik pada masanya. Itu yang mengakibatkan Indonesia pas ditakuti pada saat itu termasuk juga oleh negara-negara Barat. Anda menginginkan tahu sebagaimana apa kapal selam yang dipunyai Indonesia? Anda dapat berkunjung ke Monumen Kapal Selam.

Kapal Selam

Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai lokasi laut yang luas. Itu penyebabnya membuat perlindungan lokasi perairan Indonesia, dibutuhkan armada laut yang kuat. Satu diantara armada laut sebagai andalan Indonesia yaitu kapal selam.

Semenjak memprokalmasikan kemerdekaan Republik Indonesia, Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) berusaha menguatkan armada kapal selamnya. Awal mulanya Indonesia coba menjadikan sendiri kapal selam pada tahun 1947. Lalu semenjak tahun 1959, Indonesia mulai menguatkan armada lautnya dengan kapal selam buatan Uni Soviet yang berjenis SS dengan type Whiskey Class. Pada tahun 1962, Indonesia mempunyai 12 kapal selam dengan persenjataan torpedo. Semuanya kapal selam ini yaitu anyar.

Monumen Kapal Selam

Sebagaimana apa kapal selam punya militer Indonesia pada saat itu? Anda dapat melihat satu diantara kapal selam punya Indonesia dengan cara utuh komplit dengan persenjataannya di Monumen Kapal Selam yang dikelola oleh TNI AL. Monumen ini terdapat di samping satu diantara sungai paling utama di Surabaya yakni Kalimas, tepatnya di samping Plaza Surabaya.
Monumen Kapal Selam di Surabaya diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998. Lantaran terdapat di pusat kota Surabaya sebagai kota Pahlawan, jadi Monumen Kapal Selam dapat jadi fasilitas pendidikan yang mendidik juga menghibur untuk Anda serta putra-putri Anda.

Untuk membawa kapal selam ke tengah kota Surabaya tidaklah gampang. Awal mula kapal selam itu dipotong jadi 16 sisi. Lalu dibawa ke ruang Monumen Kapal Selam selepas itu dirakit kembali.

Written by 

Related posts