Search

Nasdem Ingin Pertumbuhan Ekonomi Q2 2017 Capai 5 Persen

Alikanews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor yang meningkat secara signifikan sejak awal tahun memberikan kontribusi terhadap ekonomi Indonesia yang tumbuh sebesar 5,01 persen (yoy) pada kuartal I 2017.

Anggota Komisi XI DPR RI, Donny Imam Priambodo mengatakan, pertumbuhan (growth) sebesar 5.01 tentunya adalah awal yang bagus di kwartal tahun ini. Selain itu, Donny yakin pertumbuhan ini, karena sektor non migas serta jasa.

“Artinya, permintaan negara tujuan ekspor sudah mulai membaik. Itu pertanda ekonomi dunia mulai membaik. Semoga kuartal berikutnya akan meningkat lagi,” kata Donny di Jakarta, Jumat (5/5/2017) malam.

Terkait konsumsi rumah tangga yang nampaknya belum bergairah pada kuartal pertama ini dibandingkan triwulan satu 2016 yang tumbuh 4,97 persen, menurut Donny, kalau konsumsi memang tergantung kepada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat. Dengan adanya perlambatan ekonomi dalam negeri tentunya hal ini akan memicu turunnya konsumsi. Apalagi jika pengangguran meningkat.

Politisi Nasdem ini menekankan, tantangan ekonomi yang harus jadi perhatian pada kuartal kedua, baik dari sisi dalam negeri dan global, bahwa ekspor dan investasi harus naik signifikan, inovasi harus dilakukan, pasar baru tujuan ekspor harus diperluas, tentunya harus ada campur tangan pemerintah tidak bisa hanya menunggu sektor swasta.

Pemerintah sudah mulai perlu konsentrasi bagaimana mengatasi defisit anggaran. Bagaimana menggerakkan aset BUMN sebesar kurang lebih 6000T rupiah untuk menumbuhkan ekonomi dalam negeri dan tidak bergantung sebagian besar pada sektor perpajakan.

“Pajak otomatis akan mengikuti transaksi ekonomi, tidak ada transaksi maka tidak ada pajak yang didapat, transaksi turun pajak juga ikut turun, dan jangan pula lalu pemerintah mengambil jalan pintas menaikkan pajak pada penghasilan masyarakat tentu akan menekan sektor konsumsi dan daya beli masyarakat,” terang Donny.

Donny berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua bisa mencapai lebih dari 5 persen, meskipun berat dan banyak tantangan.

“Namun, saya yakin jika pemerintah optimis dan menjaga kestabilan politik dalam negeri, niscaya pertumbuhan akan tercapai, investasi yang besar akan masuk,” tukas Donny.

 

Sumber : suara.com

Written by 

Related posts