Search

Cara Efektif Mempercepat Smartphone Android Yang Lemot

Alikanews.com – Bila anda mempunyai smartphone android dengan Processor dan RAM yang pas-pasan pastinya anda akan merasakan smartphone anda terasa lemot atau lelet bin lambat. Hal itu itu tentu sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan smartphone tersebut . Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cara efektif untuk mempercepat kerja smartphone android anda agar tidak lemot. Yang perlu anda lakukan yaitu :

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu/Tidak Pernah Digunakan

Hapus/disable atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak pernah anda gunakan, karena mungkin anda tidak tau bahwa meskipun jarang digunakan aplikasi yang terinstal pada smartphone anda tetap berjalan pada background smartphone anda sehingga sumber daya smartphone anda baik berupa RAM ataupun space SDcard Internal anda tetap digunakan dan pastinya akan membuat kerja smartphone android anda semakin berat/lemot.

2. Gunakan User Interface/App Launcher yang sederhana

User Interface atau launcher memakan cukup banyak sumber daya smartphone anda. Dengan menggunakan launcher atau user interface yang sederhana bisa sedikit menghemat penggunaan RAM anda. Berbagai macam launcher yang ringan tersedia di playstore silahkan anda cari dan pilih.

3. Hapus Widget dan Shortcut Yang Tidak Diperlukan/Jarang Digunakan

Meski sudah menggunakan launcher yang sederhana, bila kita tetap memasang widget dan shortcut yang banyak pada smartphone anda, penggunaan RAM anda akan jadi semakin banyak. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja smartphone anda.

4. Membatasi atau Disable Background Data

Seperti kita tau akun aplikasi facebook, twitter, gmail, youtube, dan aplikasi lain yang sejenis akan melakukan sinkronisasi data dengan internet secara periodik. Hal itu selain akan menguras baterai dan kuota internet anda, akan membebani smartphone anda. Cara paling baik yaitu dengan menonaktifkan syncronisasi tersebut bila memang anda tidak terlalu membutuhkannya melalui menu pengaturan pada smartphone anda.

5. Membersihkan Cache dari Aplikasi

Seiring berjalannya waktu aplikasi yang kita gunakan akan menyimpan cache pada media penyimpanan smartphone kita. Oleh karenanya kita perlu menghapus cache aplikasi itu supaya tidak membebani sumber daya smartphone kita. Bila ingin lebih mudah, install aplikasi tambahan seperti App Cache Cleaner, Clean Master,

6. Menonaktifkan Animasi

Menonaktifkan animasi pada smartphone android anda bisa dilakukan melalui menu developer option, nonaktifkan windows animation scale, transition animation scale, animator duration scale. Bisa juga dengan menonaktifkan fitur live wallpaper pada smartphone android anda.

7. Booster Memori (RAM) smartphone

Booster memory berfungsi untuk merapikan data2 pada RAM smartphone anda, cara ini akan sangat membantu kinerja dari smartphone anda yang lemot.

8. Update Aplikasi Pada Smartphone

Pengembang aplikasi android selalu berusaha untuk mengubah aplikasi mereka supaya menjadi lebih stabil, hemat penggunaan memori, dan melakukan perbaikan bug-bug yang lain, oleh karenanya sangat penting untuk pengguna smartphone untuk mengupdate aplikasi tersebut untuk membantu kinerja smartphone android anda jadi lebih baik.

9. Rooting dan Overclocking

Cara paling ekstrim yaitu dengan melakukan overclocking smartphone android anda. Overclocking dilakukan untuk mengoptimalkan bahkan memaksakan kerja dari processor dan RAM samartphone android anda. Cara overclocking smartphone androidpun beragam yang bisa saja bergantung pada jenis smartphone anda.

10. Gunakan Program Lembiru

Bila cara-cara diatas sudah dilakukan dan Anda masih merasa kalau smartphone android anda masih lemot, maka sudah waktunya Anda menggunakan program LemBiRu, yakni Lempar, Beli baru hehe : D. Ganti smartphone android anda dengan smartphone baru yang lebih tinggi spesifikasinya.

Demikian cara efektif mempercepat smartphone android anda agar tidak terasa lambat atau lemot. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara memperbaiki Hp android yang tidak bisa menyala

Written by 

Related posts