Search

Tutorial Print Lewat HP Android Lewat Wifi, Bluetooth Dan USB

Alikanews.com – Dulu kita biasa dan hanya dapat print lewat komputer atau laptop, tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi kini kita bisa juga print jenis file apa pun langsung dari handphone Android kita tanpa mesti memindahkan file ke komputer terlebih dulu. Cara ini sering digunakan saat mendapatkan file dari internet setelah browsing menggunakan hp android atau mendapatkan kiriman dokumen lewat media chatting seperti whatsapp.

Baca juga : Tips mengubah kamera android jadi scanner

Cara kerjanya dapat langsung terhubung ke printer melalui wifi tanpa perlu connect ke komputer terlebih dulu bila printernya telah dilengkapi dengan fitur wifi. Bisa juga dengan terlebih dulu menghubungkan hp Android kita dengan komputer yang terhubung langsung dengan printer dan bisa juga dengan menggunakan kabel usb. Tetapi cara terakhir itu pasti membutuhkan usb connector karena usb dari printer dan usb dari android keduanya sama berupa plus (+). Lalu bagaimana cara menghubungkan android ke printer ini?

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama PrintShare. Anda bisa download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini bisa digunakan untuk print dokumen pada beragam macam jenis printer seperti HP, Canon, Epson, Brother, Samsung, Kodak, Dell, dan Lexmark. Jadi Anda tidak perlu mencari drivernya untuk diinstal di hanpdhone Android Anda.

Tutorial Print Lewat HP Android Lewat Wifi, Bluetooth dan USB

1. Langkah pertama yaitu dengan mendownload dan instal aplikasi Printshare dari Google Play (klik saja bila Anda membuka halaman ini dari Android Anda).

2. Kemudian pastikan HP Android Anda sudah terhubung dengan wifi yang memiliki akses ke komputer yang terhubung dengan printer yang akan Anda gunakan. Setelah terinstal, buka aplikasi Printshare sehingga muncul tampilan pertama seperti berikut ini lalu klik tombol Continue :

3. Karena masih baru, maka pasti belum ada satu pun driver printer yang kita simpan (No Printer Selected) sehingga kita belum bisa langsung print. Oleh karenanya, kita mesti terlebih dulu melakukan setting awal dengan mencari printer yang akan kita gunakan dengan klik tombol Select seperti pada gambar berikut ini :

4. Ada beberapa jenis koneksi yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan hp Android Anda dengan printer yang Anda miliki, yakni bisa lewat Wifi, Bluetooth, kabel USB, atau dengan Cara Meremote Komputer. Sebenarnya, kita juga bisa langsung terhubung dengan printer tanpa perantara komputer atau laptop bila printernya sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi. Tetapi bila printernya belum dilengkapi dengan wifi, maka kita mesti konek dengan komputer terlebih dulu dengan klik pilihan : Nearby Wifi.

5. Maka setelah itu akan muncul daftar nama komputer yang sedang on-line dalam jaringan wifi Anda. Klik salah satu nama komputer yang printernya akan Anda gunakan untuk ngeprint semua dokumen lewat hp Android Anda. Jadi jangan pilih yang tidak sedang terhubung dengan printer langsung. Dalam contoh anda akan menghubungkan dengan komputer bernama : PALEWOLEBA karena itu komputer ANDAyang sudah terhubung langsung dengan printer.

6. Setelah terbuka, maka Anda akan melihat daftar printer yang sudah terinstal di komputer yang Anda pilih. Pastikan Anda pilih printer yang masih aktif. Karena bisa jadi driver printernya masih terinstal namun printernya sudah tidak ada.

7. Setelah Anda memilih printer yang ingin Anda gunakan, lalu akan muncul halaman baru dalam bhs Inggris yang intinya Anda mesti instal terlebih dulu drivernya. Ukurannya tidak terlalu besar cuma 4 MB saja. Untuk melanjutkan klik tombol Yes.

8. Selesai. Sekarang Anda bisa print langsung dari hp Android Anda lewat Wifi kapan saja. Bila Anda ingin mengganti printer, maka Anda tinggal membuka halaman utama SharePrint lalu klik tombol Select yang berada di dasar tampilan.

Sekianlah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara print lewat HP Android lewat Wifi, Bluetooth dan USB. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Written by 

Related posts