Search

Berikut Ini 15 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

AlikaNews.Com – 1. Menyikat gigi dengan cara teratur serta teratur (min 2x satu hari)

sikat gigi yang benarSalah satu aktivitas yang perlu anda berikan perhatian dalam menjaga serta melindungi kesehatan gigi anda yaitu menyikat gigi. Dengan menyikat gigi, kuman – kuman serta bakteri yang melekat pada gigi bakal bersih serta hilang. Lainnya itu, teratur menyikat gigi akan menolong menutihkan gigi anda. Di bawah ini panduan dalam menjadwalkan aktivitas menyikat gigi :

– Sikat gigi saat pagi hari setelah sarapan serta sebelumnya beraktivitas
– Sikat gigi selepas makan malam serta sebelumnya tidur
– Janganlah makan selepas menyikat gigi saat malam hari

2. Memakai obat kumur

Obat kumur atau mothwash bisa menolong kebersihan daerah mulut anda. Butuh anda kenali, menyikat gigi saja tidaklah pas. Karna dengan menyikat gigi, masih ada saja bakteri serta kuman yang tak turut bersih. Karenanya ada mouthwash,, jadi bakteri serta kuman yang melekat serta belum habis itu bisa hilang serta bersih. Lainnya itu, mouthwash dapat juga bersihkan ruang mulut, serta menghindar hal – hal sebagaimana ini :

– sariawan
– gusi berdarah
– infeksi mulut
– karang gigi
– bau mulut tak enak

4. Memakai tali untuk bersihkan gigi (flossing)

Memakai tali spesial untuk bersihkan gigi mungkin saja adalah hal yang classic serta kuno. Namun anda mesti tahu, kalau dengan memakai tali spesial anda bisa bersihkan sela – sela gigi dari kuman serta bakteri. Dengan menyikat gigi saja tak pas, karna bulu sikat tak mampu mencapai sela – sela gigi dengan baik serta maksimal. Pemakaian tali ini serta mouthwash adalah paduan hal yang begitu baik untuk kesehatan gigi serta mulut. Tetapi mesti di perhatikan juga pemakaian tali ini, supaya tidah menyebabkan luka pada sela – sela gusi.

5. Memakai kawat gigi

Kawat gigi bisa anda pakai untuk merapihkan gigi anda yang tumbuhnya tak teratur, tidak cuma untuk style. Dengan memakai kawat gigi, anda bisa membuat perkembangan gigi yang teratur serta normal. Terkadang dengan perkembangan gigi yang tak normal bisa mengakibatkan terjadinya penimbunan gigi, serta begitu mengganggu. Tetapi ingat, janganlah memakai behel cuma untuk beberapa stylean, bahaya behel terlepas gunakan begitu mengganggu kesehatan gigi serta gusi.

6. Hindari minuman yang sangat panas atau sangat dingin

Untuk melindungi kesehatan gigi, anda harus untuk hindari minumam yang sangat panas atau dingin. Tunggu minuman itu sampai ada pada suhu yang tak sangat panas atau sangat dingin. Konsumsi minuman yang sangat panas atau sangat dingin bakal menyebabkan abrasi gigi. Abrasi gigi bakal menjadikan gigi anda alami sensitifitas yang begitu mengganggu. Gigi peka sangat mengganggu keaehatan gigi anda. Jadi, untuk melindungi kesehatan gigi anda, anda harus hindari, atau sekurang-kurangnya kurangi mengkonsumsi minuman yang sangat panas atau sangat dingin.

7. Jauhi Minuman bersoda

Bahaya minuman bersoda juga mempunyai dampak yang nyaris sama juga dengan konsumsi minuman yang sangat panas atau sangat dingin. Minuman soda dapay mengakibatkan oksidasi, serta pada akhirnya bisa mengakibatkan abrasi pada gigi. Lainnya itu, minuman bersoda dapat juga mengakibatkan gigi jadi lebih peka.

8. Jauhi merokok

Merokok tak mempunyai kebaikan sekalipun. Merokok bisa mengakibatkan kanker, masalah pencernaan, masalah pernafasan, serta masalah – masalah yang lain. Lainnya itu, merokok bakal begitu mengakibatkan kerusakan serta jadi memperburuk kesehatan mulut serta gigi. Di bawah ini adalah dampak jelek dari merokok :

– Gigi jadi kuning
– Bau mulut
– Gusi menghitam
– Gusi tampak pucat

Untuk memperoleh kesehatan gigi yang baik, jadi anda diharuskan untuk mrnghindari rokok.

9. Pakai pasta gigi yang memiliki kandungan flouride

Dalam menyikat gigi, anda mesti menyikat gigi memakai sikkat gigi yang memiliki kandungan flouride. Pasta gigi yang memiliki kandungan flouride ini bisa menolong menguatkan susunan gigi hingga tak gampang alami pengeroposan. Lainnya itu, pasta gigi yang memiliki kandungan flouride dapat juga memutihkan gigi dengan cara alami.

10. Cuma pakai gigi untuk kunyah makanan serta benda lunak.

Gigi memanglah di ciptakan untuk kunyah. Tetapi sekian bukanlah bermakna semuanya benda bisa dikunyah oleh gigi. Makanan yang sangat keras akan mengakibatkan kerusakan gigi anda. Kunyah makanan yang sangat keras bakal mengakibatkan abrasi gigi, serta bisa mengakibatkan kerusakan susunan gigi. Lainnya itu rutinitas menggigit barang – barang yang bukanlah makanan juga hangat beresiko untuk kesehatan gigi anda, serta bisa mengakibatkan abrasi gigi.

11. Jauhi makanan sangat manis (permen)

Nah permen serta makanan sangat manis bisa mengakibatkan gigi berlubang, anda tentu pernah lihat bagaimana seseorang anak kecil saja giginya telah mulai berlupang serta korengan. Ya.. benar, makanan manis khususnya permen yaitu satu diantara penyebabnya gigi berlubang yang harus anda jauhi. Zat itu bakal mempercepat sistem pengeroposan gigi.

12. Awalilah dari kecil

Melindungi kesehatan gigi memanglah sebaiknya diawali dari kecil, didik anak supaya punya kebiasaan sikat gigi serta belilah peralatan sikat gigi yang unik untuk memancing anak anda sikat gigi. Lainnya itu jauhi makan permen untuk mereka supaya tak bolong-bolong giginya.

13. Jauhi Tusuk Gigi

Tusuk gigi sesungguhnya bisa saja dipakai, tetapi dengan cara lumrah karna tusuk gigi bisa mengakibatkan ada celah pada gigi yang satu dengan gigi yang lain.

14. Jauhi Pemutih Gigi

Harus dijauhi untuk kesehatan gigi sesungguhnya yaitu pemutih gigi yang beresiko untuk kesehatan gigi periode panjang. Gigi dibikin bersih dengan cara paksa bakal menyebabkan resikonya periode panjang sebagaimana kelainan serta kanker mulut.

15. Makanan tinggi serat serta rendah lemak

Satu diantara panduan melindungi kesehatan gigi yaitu makanan kaya serat serta rendah lemak, makanan kaya serat bakal melindungi gigi selalu sehat serta terlepas dari plak jahat. Makanan rendah cholesterol dapat juga kurangi potensi menempelnya plak di gigi.

Written by 

Related posts