Search

Cara Mudah Mempassword Dan Membuka Folder Yang Sudah Diprotect

Alikanews.com – Adakalanya kita tidak ingin privasi kita di ketahui atau dilihat oleh orang lain, termasuk juga file folder yang mungkin berisi data pribadi atau bahkan file yang tidak ingin atau tidak layak untuk dilihat oleh anak yang belum cukup umur. Windows sendiri tidak membekali software khusus untuk memprotek atau memberi password file folder pribadi kita.

A. Cara Mempassword Folder

1. Download terlebih dulu software yang bernama : Folder Locdir.

2. Setelah terinstal, maka akan ada short cut di destop komputer. Copy short cut tersebut kedalam folder yang ingin di protect.

3. Setelah itu klik 2 x sampai muncul tampilan seperti berikut ini :

4. Berilah password dan kemudian klik tombol Protect. Setelah itu file-file dalam folder itu akan terekstrak dalam satu file yang bernama Lockdir. Itu artinya folder Anda sudah terproteksi dengan benar. Sangat disarankan untuk memback up folder terlebih dulu supaya saat Anda lupa password yang digunakan untuk membuka, tidak kehilangan data yang ada pada folder tersebut .

B. Cara Membuka Folder yang sudah di Protect

Untuk membukanya, Anda hanya perlu mengklik 2 x pada file yang bernama Lockdir tersebut, sehingga muncul tampilan atau jendela seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Ket :

  • Virtual Drive : Akses data Anda di drive virtual tanpa penggalian data, yang berarti folder akan terkunci secara otomatis segera setelah Anda menutup jendela explorer.
  • Temporary : Menampilkan file yang terproteksi sementara waktu pada taskbar, yang memungkinkan Anda mengembalikan perlindungan dengan mudah.
  • Complete : Sepenuhnya tidak melindungi folder Anda. Anda perlu menjalankan Folder Protector lagi dan memasukkan password baru untuk melindungi folder bila Anda ingin mendapatkan perlindungan folder lagi.

Demikianlah Cara Mempassword Dan Membuka Folder Yang Sudah Diprotect. Semoga info ini bisa berguna ya.

Baca juga : Tips mempassword laptop atau komputer agar aman

Written by 

Related posts