Search

Berikut Cara Membatasi Bandwidth Wifi Speedy Tanpa Software

Alikanews.com – Membatasi bandwidth wifi speedy ini bisa dilakukan tanpa software karena di dalam windows sudah disediakan konfigurasi yang bisa digunakan untuk membatasi atau membagi bandwidth atau jatah akses untuk setiap user. Cara ini perlu dilakukan jika di kantor Anda ada teman yang hobi nonton streaming atau download film terlebih bila menggunakan internet download manager (IDM), hal ini pasti akan mengganggu para user yang sedang menyelesaikan urusan kantor dengan menggunakan akses internet. Tetapi yang perlu Anda catat yaitu kalau cara ini hanya bisa dilakukan dari komputer yang akan dibatasi bandwidthnya. Artinya Anda tidak bisa membatasi bandwidth komputer atau laptop teman dari komputer Anda, tetapi harus langsung melakukan konfigurasi berikut ini dari komputer yang bersangkutan pada saat teman Anda tidak ada ditempat.

Berikut Cara Membatasi Bandwidth Wifi Speedy :

1. Klik tombol Windows (pojok kiri bawah) lalu ketik “run” pada kolom “Search programs and files” sehingga muncul pop up box seperti berikut ini lalu ketik “gpedit. msc” pada kolom yang tersedia OK :

2. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :

3. Lalu klik sesuai urutan diatas, sehingga muncul jendela baru. Nah pada setting inilah kita bisa mengatur berapa jatah bandwidth yang bisa diakses oleh user yang lain. Caranya : aktifkan fitur ini dengan men-check list/memilih : Enable, lalu ganti besaran % yang berada di bawahnya. Bila Anda ingin memberikan semua user 40% dari jumlah bandwidth yang ada, maka ganti jadi 60%. Begitu, Anda mendapatkan 60% total bandwidth, dan sisanya dibagi ke seluruh user yang lain. Jangan lupa menyimpannya dengan klik Apply OK.

Sekianlah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara membatasi bandwidth atau jatah akses internet wifi speedy tanpa perlu meng-install software tertentu. Mudah-mudahan bermanfaat.

Baca juga : Tips cara mempercepat koneksi internet wifi speedy

Written by 

Related posts