Search

Jokowi Lantik Bekas Bos Lion Air Jadi Dubes untuk Malaysia

Alikanews.com – Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah enam duta besar baru Republik Indonesia (RI) untuk beberapa negara sahabat. Pelantikan keenam duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI tersebut di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/5/2017).

Pengangkatan para duta besar LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 57/P Tahun 2017 tanggal 17 Mei 2017 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Keenam nama Dubes LBBP RI tersebut ialah:

Rusdi Kirana S.E., sebagai Dubes LBBP RI untuk Malaysia, berkedudukan di Kuala Lumpur;
Adityawidi Adiwoso, M.A., sebagai Dubes LBBP RI untuk Slowakia, berkedudukan di Bratislava;
Sidharto Reza Suryodipuro, M.A., sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik India merangkap Kerajaan Bhutan, berkedudukan di New Delhi;
Ferry Adamhar, S.H., L.L.M, sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Yunani, berkedudukan di Athena;
Rina Prihtyasmiarsi Soemarno, M.Sc., sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Bangladesh merangkap Republik Demokratik Federal Nepal, berkedudukan di Dhaka;
Prof. Dr. Ratlan Pardede, sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Persatuan Tanzania merangkap Republik Burundi, Republik Rwanda dan Uni Comoros, berkedudukan di Dar El Salaam.

Usai diambil sumpah yang dipandu langsung oleh Jokowi, keenam Dubes baru tersebut satu persatu menandatangani berita acara. Acara pelantikan kemudian ditutup dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Kepala Negara dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan kemudian diikuti oleh Menteri dan pejabat negara serta para tamu undangan.

Sekedar informasi, salah satu dari enam Dubes baru yang dilantik Jokowi ini adalah bekas bos maskapai Lion Air, yaitu Rusdi Kirana. Rusdi merupakan salah satu pengusaha pendukung Jokowi-JK saat Pilpres 2014 lalu. Sebelum dilantik menjadi Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Yang tampak hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono. Selain itu juga tampak hadir politikus, yaitu Ketua Umum partai Nasdem Surya Paloh.

 

Sumber : suara.com

Written by 

Related posts