Search

Cara Membuat Grup Di Facebook Dengan Mudah

Alikanews.com – Salah satu fitur Facebook yang paling menarik yaitu kita bisa membuat group atau komunitas sehingga kita bisa berdiskusi atau sebatas berbagi cerita dengan sesama anggota grup yang memiliki passion atau hobi yang sama. Cara membuat group di Facebook sebenarnya sangat mudah, hanya saja untuk menghidupkan grup khususnya yang topiknya belajar itu gampan-gampang susah. Perlu peran aktif pengurus grup untuk memeriahkan dan menghidupkan grup supaya menarik untuk para anggotanya untuk selalu mengikuti perkembangan pembicaraan di grup.

Salah satu panduan yang mungkin bisa kamishare supaya grup Facebook yang Anda bikin menjadi menarik yaitu dengan membuat anggota yang lain sebagai pengurus, sehingga ia akan merasa mempunyai tanggung jawab untuk menghidupkan grup Anda. Jurus yang lain yaitu dengan memperbolehkan anggota grup untuk menambahkan anggota baru. Semakin banyak anggota grup pasti akan semakin ramai grup tersebut . Namun terlepas dari bagaimana cara membuat grup facebook supaya menarik, di bawah ini kamishare mengenai bagaimana caranya membuat grup di Facebook.

Cara Membuat Grup di Facebook

1. Pertama loginlah terlebih dulu ke akun FB Anda.

2. Jika sudah, lihatlah di kolom bagian kiri tampilan, lalu cari dan kliklah tulisan : Buat Grup seperti terlihat pada gambar berikut ini.

3. Akan muncul pop up yang berupa semacam formulir mengenai data grup baru yang akan Anda buat seperti pada gambar berikut ini.

Info :

  1. Buatlah nama group yang menarik yang sesuai dengan tema yang akan Anda angkat. Anda masih bisa melakukan perubahan nama kelompok selama anggotanya belum mencapai lebih dari 250 orang. Bila sudah lebih, maka Anda tidak bisa lagi merubahnya.
  2. Tambahkan teman Facebook Anda yang akan di ajak untuk bergabung kedalam grup. Caranya ketik nama profil FB teman yang dimaksud. Ingat, ketiklah persis seperti nama profilnya.
  3. Pilih salah satu khusus grup Anda. Jika ingin bisa ditemukan dan dilihat baik grup serta isi diskusi di dalamnya, pilih Publik, bila ingin hanya anggota grup yang bisa melihat isi diskusinya, pilih Tertutupdan bila Anda ingin hanya anggota grup yang Anda tambahkan saja yang bisa menemukan dan melihat isi diskusi grup, maka pilih Rahasia.
  4.  Lalu klik tombol Buat.

4. Jika sudah klik tombol buat, maka Anda sudah berhasil membuat sebuah grup di Facebook. Langkah selanjutnya yaitu dengan melengkapi informasi grup seperti foto sampul, deskripsi singkat, logo grup dan lain sebagainya. Tetapi bila Anda tidak ingin melengkapinya sekarang, Anda bisa melengkapinya kapan-kapan di pengaturan grup yang bisa Anda temukan di tombol dengan titik tiga seperti kotak merah.

Note :

  • 1) & 4). Klik tombol unggah foto atau klik tulisan Tambahkan Foto Sampul untuk memasang foto header (kepala halaman) grup Anda. Adapun ukuran foto yang akan Anda jadikan poto sampul atau profil grup sebaiknya memiliki ukuran panjang 720 pixel dan lebar 180 pixel.
  • 2). Klik tulisan Tambahkan Keterangan untuk memberikan deskripsi atau gambaran mengenai grup yang Anda buat.
  • 3). Klik Tambah Ikon untuk menambahkan logo yang sesuai sama tema grup FB Anda.
  • 5). Yaitu kolom untuk membuat kiriman, status, atau pesan kepada anggota grup.
  • 6). Klik kursor ke kolom Tambahkan Orang ke Grup untuk menambahkan teman facebook Anda yang belum bergabung di grup Anda tersebut .
  • 7). Yaitu tombol pengaturan grup Facebook Anda seperti merubah privasi grup, menentukan apakah hanya pengurus atau admin grup yang bisa mengirim pesan atau termasuk anggota grup dan lain sebagainya.

Demikianlah bagaimana caranya membuat grup di Facebook. Semoga bermanfaat.

Written by 

Related posts