Search

Berkut Ini 8 Kelainan pada Retina Mata

AlikaNews.Com – Jenis Jenis Kelainan pada Retina Mata

1. Ablasio retina
Retina mengalami sobekan pada jaringan saraf yang jika sudah parah dapat menyebabkan lepasnya pelapis retina sehingga seseorang bisa mengalami kemunduran penglihatan bahkan kebutaan permanen. Ablasio retina sering terjadi pada penderita miopio dan penderita katarak yang masih dalam proses pemulihan setelah operasi.

2. Infeksi retina mata
Infeksi retina mata atau Endophthalmitis disebabkan karena masuknya bakteri atau mikroorganisme melalui aliran darah yang mengalir menuju retina mata, Sehingga seseorang mengalami kebutaan ketika malam hari tiba.

3. Degenerasi makula
Terjadi penurunan kuantitas dan kualitas retina dalam menangkap cahaya dengan cepat dan benar. Degenerasi makula lebih sering diakibatkan karena usia lanjut seseorang. Semakin lanjut usia maka akan semakin berkurang kepekaan dan kekuatan saraf optik dalam menangkap cahaya.

4. Retinis pigmentosa
Menurunnya kualitas penglihatan mata ketika malam hari tiba dapat disebabkan seseorang telah terserang retinis pigmentosa yaitu telah terjadi kemunduran kekuatan saraf secara progresif pada retina mata karena hantaman benda tajam atau tumpul atau penggunaan obat mata yang telah terkontiminasi dengan virus atau jenis organisme lain.

5. Retinopati diabetes
Yaitu adanya penyempitan vena secara bertahap yang diakibatkan karena penumpukan gula darah yang mengendap pada pembuluh darah atau arteri retina mata sehingga penglihatan sanagat pendek dan selalu kesulitan melihat untuk jarak yang jauh.

6. Kerusakan pembuluh darah
Yaitu telah terjadi pendarahan pada pembuluh darah sehingga mempersulit pasokan darah berisi oksigen untuk masuk. Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju retina mata. Pendarahan dapat menyebabkan panaadangan menjadi kabur dan buram.

7. Retinopati hipertensi
Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kestabilan pembuluh darah pada retina mata sehingga dindingnya bisa mengalami penebaan yang menyerupai plak dan memblokir asupan darah berisi oksigen yang mengalir ke retina.

8. Penyumbatan arteri retina
Tersumbatnya arteri retinal yang bertugas membawa aliran darah kejaringan retina ayang dikarenakan retina mata sedang mengalamin trauma misalnya tertusuk benda tumpul, Terbentur dan sebagainya yang menyebabkan peradngan pembuluh darah dan juga bisa disebabkan karena seseorang memiliki penyakit yang berhubungan dengan gloukoma.

Written by 

Related posts