Search

Para Gadis Chibok Bertemu Kembali dengan Keluarga Setelah 3 Tahun Diculik

Alikanews.com – Para gadis Chibok yang beberapa waktu terakhir dibebaskan dari tawanan kelompok teror Boko Haram dipertemukan dengan keluarga mereka pada Sabtu, 20 Mei. Ke-82 gadis yang sekarang berusia antara 18 hingga 21 tahun itu adalah sebagian dari 276 siswi sekolah yang diculik Boko Haram pada April 2014.

Pernyataan Pemerintah Nigeria yang dikutip CNN, Minggu (21/5/2017) mengatakan, para gadis Chibok dipertemukan kembali dengan keluarganya dalam sebuah upacara di Ibu Kota Abuja. Foto-foto yang dipublikasikan memperlihatkan para gadis dan kerabat mereka saling berpelukan, menangis, menari serta berdoa bersama.

Penculikan lebih dari 200 siswi dari asrama sekolah di Kota Chibok yang dilakukan Boko Haram tiga tahun lalu mengundang kemarahan dunia internasional. Dengan pembebasan 82 gadis Chibok dua minggu lalu, jumlah sandera yang saat ini sudah berhasil dibebaskan berjumlah 166 orang.

Sejumlah 106 gadis dibebaskan oleh militan melalui proses negosiasi, sementara 57 gadis sukses melarikan diri sesaat selepas penculikan. Dua sandera ditemukan oleh tentara Nigeria dan seorang gadis lagi diamankan selepas berjalan-jalan di hutan Nigeria mencari pertolongan.

Proses negosiasi untuk membebaskan 113 sandera yang tersisa diharapkan sudah dimulai pada akhir pekan lalu.

 

Written by 

Related posts