Search

Dalam 48 Jam, 5.000 Pengungsi Diselamatkan dari Lepas Pantai

Alikanews.com – Sekira 5.000 pengungsi yang menuju ke Italia sukses diselamatkan oleh penjaga pantai Italia dan Libya dari laut di lepas pantai Libya dalam jangka 48 jam minggu ini. Jumlah pengungsi dari Afrika dan Timur Tengah yang sampai di Italia tahun ini sudah mencapai 46 ribu, meningkat 30 % dibanding tahun lalu.

Berdasarkan keterangan dari pasukan penjaga pantai ke-2 negara yang dikutip New Arab, Minggu (21/5/2017), sejumlah 2.900 pengungsi diselamatkan pada Kamis, 18 Mei dari perairan internasional dan dibawa ke Italia. Sementara 580 lainnya yang ditemukan di perairan Libya sudah dikembalikan ke negara Afrika itu.

Dari Jumat hingga Sabtu, 19 dan 20 Mei, pasukan penjaga pantai menyelamatkan 2.100 pengungsi lainnya dari 17 perahu yang penuh sesak. Penjaga pantai Italia juga menemukan satu mayat pengungsi yang tewas tenggelam.

Berdasarkan data dari berbagai organisasi internasional, antara 800 ribu hingga satu juta pengungsi yang kebanyakan berasal dari sub-Sahara Afrika saat ini berada di Libya. Mereka berharap bisa menyeberang, bertaruh nyawa melalui Laut Mediterania dengan harapan bisa menyeberang ke Eropa.

Diantara mereka, sekira 7 ribu hingga 8 ribu pengungsi ditahan di Libya karena memasuki negara itu secara ilegal. Sejak revolusi 2011, Libya sudah menjadi negara yang digunakan para penyelundup untuk mengirimkan para pengungsi yang ingin mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Written by 

Related posts