Search

Mudik Tahun Ini, Tol Bisa Lewat Sampai Wleri, Ini Jalurnya

Alikanews.com – Pemerintah akan membuka beberapa ruas tol baru pada mudik Lebaran tahun ini untuk mendukung penyelenggaraan mudik yang lebih baik. Ruas-ruas tol baru ini akan dilalui secara fungsional atau darurat, sehingga bisa dilalui tanpa biaya.

Tahun lalu, jalur tol alternatif baru bisa dipakai hingga ke ruas tol Pejagan Pemalang seksi 2, yakni dipintu keluar tol Brebes Timur atau Brexit (Brebes Exit). Kini pemudik bisa melewati jalan tol lebih panjang lagi secara fungsional.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sendiri mengatakan jalan tol selepas pintu keluar tol Brebes Timur hingga Weleri di Kendal, Jawa Tengah akan dibuka H-15 sebelum lebaran dan akan dipakai secara fungsional atau gratis.

“Jalan yang ada antara Brexit sampai Weleri itu fungsional, artinya belum berfungsi sebagai tol. Jadi kalau fungsional itu bisa dipakai tapi tidak bayar,” katanya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seperti dikutip detikFinance, Selasa (23/5/2017), jalur Trans Jawa yang bisa dilewati tol secara fungsional dimulai dari tol Brebes Timur-Pemalang seksi 3 (Brebes Timur-Tegal) sepanjang 10 km dan dilanjutkan hingga ke seksi 4 (Tegal-Pemalang) 26,9 km.

Setelah itu, pemudik bisa menggunakan tol fungsional lainnya di ruas Pemalang-Batang seksi 1 (Pemalang-Pekalongan) 23,3 km dan seksi 2 (Pekalongan-Batang) 15,9 km.

Di ruas Batang-Semarang seksi 1 (Batang-Batang Timur) 3,2 km dan seksi 2 (Batang Timur-Weleri) 36,35 km direncanakan juga bisa dipakai untuk mudik Lebaran nanti.

Sementara di ruas Semarang-Solo, seksi 1 dan 1 yang telah beroperasi, bisa dilanjutkan ke seksi 3 (Bawen-Salatiga) 17,6 km yang kemungkinan bakal dibuka secara fungsional.

Di ruas Solo-Ngawi, ruas fungsional dimulai dari JC Kertosuro–SS Karanganyar (segmen Solo-Karanganyar) 20,9 km, dilanjutkan seksi 1 (Solo-Mantingan) segmen Karanganyar-Sragen 13,8 km, seksi 1 (Solo –Mantingan) segmen Sragen-Mantingan 21,35 km, dan seksi 2 (Mantingan-Ngawi) 20 km.

Masuk ke perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, tol Ngawi-Kertosono seksi 1 (Ngawi Interchange (IC) –Madiun IC) segmen Klitik–Gulungan sepanjang 11 km juga bisa dilewati secara fungsional. Lalu seksi II (Madiun IC-Caruban IC) segmen Sawahan-Kedungjati 6 km, dan seksi III (Caruban IC –Nganjuk IC) segmen Purworejo-Wilangan 18 km.

Kemudian tol Kertosono-Mojokerto seksi 2 (Jombang-Mojokerto Barat) sepanjang 19,7 km, dan tol Mojokerto-Surabaya seksi 1B Sepanjang-WRR 4,3 km, seksi 2 WRR-Driyorejo 5,07 km, dan seksi 3 Driyorejo-Kriyan 6,1 km.

Sedangkan tol Gempol-Pasuruan seksi 1 paket A1 (Gempol-Bangil) 6,8 km dan seksi 1 paket A2 (Bangil-Rembang) 7,1 km masih direncanakan bisa dibuka secara operasional pada mudik Lebaran mendatang.

 

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts