Search

Berikut Ini 10 Cara Mengatasi Sakit Di Tumit

AlikaNews.Com

1. Istirahat Cukup
Saat tumit merasa sakit, apa pun pemicunya, istirahat yang banyak yaitu langkah menangani paling pas serta alami. Jika tumit yang sakit digunakan untuk banyak jalan, jadi malah bakal makin sakit serta lama untuk pulih. Jadi, banyak-banyaklah mengistirahatkan kaki agar cepat sembuh.

2. Kompres dengan Es
Terapkan es ke sisi tumit yang sakit dimana Anda dapat membungkus lebih dahulu sebagian pecahan atau kotak es batu kedalam kain atau handuk bersih. Kompreskan di bagian yang merasa sakit sepanjang lebih kurang 15 menit. Dampak dingin dari esnya bakal menolong mengontrol rasa sakit dan inflamasi.

Alternatif yang lain dengan es yaitu dengan mendinginkan satu botol diisi air umum dengan memasukkannya kedalam freezer almari es. Lalu selepas itu, Anda dapat mengompreskan botol itu sekitaran 15 menit pada ruang tumit yang sakit. Ulangilah langkah tersebut sesuai sama keperluan saja, namun jangan sampai menerapkan es batu langsung ke kulit.

3. Memakai Kunyit
Untuk sakit pada tumit, pemakaian kunyit dapat juga dihandalkan. Anda dapat memakai kunyit karna di dalamnya terdapat kurkumin, satu komponen yang bekerja sebagai pembasmi nyeri serta berbentuk anti-inflamasi. Anda mungkin mencampurkan sesendok teh kunyit bubuk kedalam secangkir susu serta dihangatkan sepanjang 5 menit sebelumnya ditambah madu sedikit serta diminum 2-3 kali dalam satu hari.

Tidak cuma itu, ada juga suplemen kunyit yang juga dapat menolong untuk mengobati rasa sakit dibagian tumit Anda. Makanlah suplemen itu 400-600 mg yang dibagi jadi 3 kali mengkonsumsi dalam satu hari. Tetapi untuk mengkonsumsi suplemen, yakinkan Anda sudah mengonsultasikannya dengan dokter.

4. Memakai Minyak Mustard
Apakah Anda pas familiar dengan minyak mustard? Tidak ada kelirunya untuk menggunakan bahan alami ini untuk mengobati rasa sakit dibagian tumit. Pas dengan menghangatkan lebih dahulu minyak mustard yang Anda punyai, lalu ambillah sedikit atau seperlunya untuk diterapkan pada ruang yang sakit. Pijatkan sepanjang 10 menit serta ulangilah sekian kali dalam satu hari.

5. Memakai Minyak Wijen
Sama seperti dengan minyak mustard, minyak wijen dapat juga dipakai sebagai penyembuh untuk tumit yang nyeri. Ambillah minyak wijen seperlunya lalu hangatkan lebih dahulu. Minyak wijen hangat bisa lalu Anda terapkan ke tumit yang sakit sembari dipijat sebagian menit. Kerjakan sehari-hari supaya tumit tidak sakit lagi.

6. Memakai Minyak Ikan
Mungkin saja tumit Anda sakit karna arthritis? Minyak ikan bisa jadi jalan keluar paling baik untuk rasa sakit yang dirasa itu. Kaya omega-3, minyak ikan dapat menolong kurangi rasa nyeri serta kekakuan pada sendi ataupun otot.

Ambillah saja minyak ikan yang memiliki kandungan EPA/DHA paling tak 30 % sejumlah 3 gr untuk Anda gunakan satu hari 2 kali. Minumlah dengan cara teratur selepas berkonsultasi dengan dokter tentang hal semacam ini. Cuma saja, untuk yang tengah konsumsi obat diabetes tidak bisa konsumsi suplemen minyak ikan ini.

7. Memakai Minyak Kelapa
Ada juga langkah alami nan ampuh yang dapat dicoba, yaitu memakai minyak kelapa. Dengan menghangatkan lebih dahulu minyak kelapa yang telah di ambil seperlunya, selepas itu langsung bisa dioles ke sisi tumit yang nyeri dengan cara rata sembari dipijat lembut. Mengerjakannya 2-3 kali dalam satu hari serta teratur sehari-hari bakal memberi hasil optimal.

8. Memakai Minyak Zaitun
Satu lagi type minyak yang dapat Anda andalkan saat tumit merasa sakit serta tidak nyaman. Ambillah minyak zaitun seperlunya untuk Anda hangatkan lebih dahulu, barulah bila telah berikan seperlunya ke sisi yang sakit pada tumit sembari memijat-mijatnya sepanjang 10 menit. Menerapkannya sekian kali satu hari sehari-hari bakal mempercepat kesembuhan tumit.

9. Memakai Garam Epsom
Untuk tumit yang sakit tidak tertahankan apa pun pemicunya, coba untuk memakai garam Epsom untuk mengobati. Kandungan magnesium sulfat pada garam berikut yang mempunyai keunggulan dalam kurangi rasa sakit, inflamasi ataupun bengkak yang sangkanya nampak di bagian tumit kaki.

Masukan saja 3 sendok makan garam Epsom ke air mandi atau satu ember serta lalu rendamkan kaki yang sisi tumitnya merasa sakit disana. Rendamlah sepanjang lebih kurang 20 menit sebelumnya lalu Anda keringkan dengan handuk. Selepas kering serta dioles dengan pelembab, pijatlah pelan-pelan untuk menjadikan otot serta sendi lebih santai. Dalam satu minggu ulangilah langkah tersebut 2-3 kali hingga sakitnya hilang.

10. Menggunakan Cuka Sari Apel
Tidak cuma manjur untuk pasien desakan darah tinggi, untuk mengatasi permasalahan sakit tumit juga efisien. Anda dapat pula mencampurkan ¼ cangkir cuka sari apel serta 1 ½ cangkir air kedalam panci. Hangatkan serta lalu celupkan kain bersih disana lalu selepas itu kompres sisi tumit yang sakit sepanjang 15 menit. Ulangilah cara ini 2-3 kali dalam satu hari supaya tumit cepat lebih baik.

Written by 

Related posts