Search

Penyebab Dan Cara Mengatasi Beser Atau Sering Kencing

Alikanews.com – Sering kencing atau buang air kecil atau beser yang dalam dunia medis di kenal dengan istilah inkontinensia (Inggris : incontinence) bisa terjadi pada pria dan wanita khususnya pada ibu hamil terlebih untuk mereka yang tinggal di daerah dingin. Untuk sebagian orang yang besernya hanya menetes atau keluar sedikit demi sedikit, tentu tidak terlalu merepotkan seperti orang yang besernya kerap buang air kecil. Gejala beser ini mesti diwaspadai, karena kondisi ini adalah salah satu ciri-ciri atau indikasi seseorang terkena penyakit diabetes mellitus atau pembesaran prostat.

Bila saat ini Anda mengalami beser dan sering kesulitan saat mau shalat karena celana sudah terkena air kencing, maka Anda bisa menggunakan tisu sebagai pembalut agar tidak sampai mengenai celana Anda. Setiap akan shalat, Anda tinggal buang tisunya dan bersihkan sampai daerah yang kemungkinan terkena air seni lalu ganti dengan tisu yang baru. Dengan begitu Anda tidak perlu repot untuk melepas celana dan ganti sarung saat akan shalat.

A. Penyebab Beser

1. Penyakit

Beberapa penyakit bisa menyebabkan fungsi organ badan yang mengontrol pembuangan air seni jadi tergangu. Diantara penyakit itu adalah infeksi saluran kemih, diabetes, prostatitis akut, pembesaran prostat, pembesaran prostat jinak yang banyak terjadi pada pria diatas usia 40 tahun, radang dinding kandung kemih kronis, stroke atau penyakit neurologis lainnya.

2. Aktivitas Alat Reproduksi

Menstru4si dan kehamilan yang terjadi pada wanita dapat juga meningkatkan frekuensi buang air kecil karena kelembaban ekstra pada saat mens dan rahim yang membesar pada saat hamil sehingga menekan kandung kemih.

3. Makanan dan Minuman

Kafein, soda, alkohol dan obat-obatan bisa menjadi penyebab seringnya buang air kecil. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi bisa membawa dampak beser untuk sementara waktu dan biasanya akan kembali normal setelah Anda berhenti minum obat.

4. Usia Lanjut

Kita sering menjumpai orang yang sudah lanjut usia atau manula mengompol. Hal semacam ini terjadi karena otot-otot yang menahan dan mengontrol buang air kecil sudah mulai melemah dan tidak lagi bekerja sebaik saat masih muda. Sehingga tidak ada alternatif lain selain menggunakan pampers dewasa.

B. Cara Mengatasi Beser

1. Perbaiki Pola Makan dan Minum.

  • Makanan.
    Hindari atau setidaknya kurangi makanan yang bersifat pedas dan terlalu banyak mengandung garam (asin) dan perbanyak konsumsi sayur serta buah dalam menu makanan Anda.
  • Minuman
    Lalu apakah kita mesti mengurangi minum air putih? tidak, cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menghindari beser, minumlah setidaknya 8 gelas sehari tapi dengan cara sedikit untuk sedikit dan hindari minum langsung dalam jumlah yang banyak yang akan merangsang Anda untuk buang air kecil. Hindari juga lebih dari satu minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan bersoda.

2. Lakukan Senam Kegel

Senam Kegel berfungsi memperkuat otot panggul serta otot kandung kemih yang tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol pembuangan air seni (berkemih), tetapi untuk laki-laki juga dapat mengobati ejakulasi dini. Caranya yaitu dengan menegangkan otot yang berada diantara alat vital dan anus lalu melemaskannya kembali secara berulang-ulang seperti pada saat Anda menahan kencing. Lakukan selama 15 menit setiap harinya supaya otot panggul bisa berfungsi dengan lebih baik. Senam kegel bisa dilakukan dengan cara berdiri atau saat Anda sedang duduk.

3. Pengobatan Herbal

Anda dapat juga menggunakan pengobatan herbal dengan beberapa bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Beberapa bahan yang diperlukan yaitu : 3 lembar daun jamblang, 2 kulit pohon jamblang sebesar jari tangan, dan 1 buah kunyit sebesar jari tangan.

Cara meramunya yaitu dengan mencuci terlebih dulu semua bahan itu lalu pohon potong tipis kulit jamblang dan kunyit. Setelah itu, rebus semua bahan dengan menggunakan 5 gelas air sampai tersisa kira-kira 3 gelas. Setelah itu, minum ramuan itu sebanyak 3 kali sehari masing-masing ½ gelas sesudah makan.

Sekianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi beser atau sering kencing atau buang air kecil. Semoga infonya bisa bermanfaat.

Written by 

Related posts